Sudahkah Anda minum air hangat hari ini? Manfaat minum air hangat secara rutin bagus untuk kesehatan tubuh. Minum air hangat juga bagus untuk kesehatan kulit.

Sekitar 50-60% tubuh manusia dewasa merupakan cairan.[1] Oleh karenanya, tubuh harus cukup cairan agar bisa tetap seimbang.

Salah satu air yang bermanfaat untuk kesehatan adalah air hangat. Walaupun ketika air sudah masuk ke dalam tubuh suhunya akan disesuaikan, tapi air hangat tetap lebih banyak manfaatnya. Minum air hangat secara rutin juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

“Air putih hangat sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Rutin minum air hangat bisa membuat awet muda dan menyehatkan tubuh. Bahkan juga bisa membantu menurunkan berat badan berlebih.”

Manfaat Minum Air Putih Hangat secara Rutin

Manfaat sering minum air hangat sangat banyak, mulai bisa mengatasi pilek dan batuk, melancarkan peredaran darah, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika minum air hangat secara rutin.

1. Baik untuk Peredaran Darah

Air putih hangat sangat bagus untuk kesehatan jantung. Manfaat minum air hangat untuk jantung adalah bisa melancarkan peredaran darah.

Untuk melancarkan peredaran darah Anda bisa minum air hangat di pagi hari setelah bangun tidur. Air hangat bisa membantu melebarkan pembuluh darah, dengan pembuluh darah yang lebar maka aliran darah akan semakin lancar. Aliran darah yang lancar akan membuat jantung semakin sehat.

2. Mengurangi Racun dalam Tubuh

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan RI, minum air putih hangat bisa membantu mengurangi racun dalam tubuh.[2] Racun dalam tubuh banyak ada di saluran pencernaan. Untuk membantu menguranginya Anda harus mempunyai sistem metabolisme tubuh yang baik.

Minum air hangat bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat dan kencing. Untuk mengurangi racun dalam tubuh, Anda bisa minum air hangat sebelum tidur dan ketika bangun tidur.

3. Membuat Awet Muda

Minum air hangat juga bermanfaat  untuk wajah, Anda yang sering minum air putih hangat di pagi hari bisa mendapatkan wajah yang tampak lebih mudah. Pasalnya air putih hangat bisa membantu memperbaiki elastisitas kulit dan menghilangkan kulit mati. Oleh karena hal inilah kulit Anda akan tampak lebih muda.

Tidak hanya terlihat awet muda saja, dengan minum air putih hangat kulit juga akan terjaga kelembapannya. 

4. Meredakan Nyeri

Efek minum air hangat juga bisa membantu meredakan nyeri. Rasa hangat air putih ini bisa membuat otot menjadi lebih rileks. Karena sensasi inilah ,otot yang kram bisa rileks dan rasa nyerinya pun mereda.

Anda yang sering merasakan nyeri sangat disarankan untuk banyak minum air hangat. Bagi wanita yang sedang mengalami kram perut akibat menstruasi juga disarankan untuk banyak minum air hangat.

5. Menyehatkan Sistem Saraf Tubuh

Minum air hangat di pagi hari atau di waktu lain juga bagus untuk kesehatan saraf. Agar saraf dalam tubuh berjalan dengan baik maka tubuh membutuhkan cairan yang cukup. Air putih hangat bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, hal inilah yang membuatnya bagus untuk sistem saraf tubuh.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat minum air hangat sebelum dan setelah bangun tidur adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Seperti yang sudah dijelaskan, minum air hangat bisa mengurangi racun dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat maka nutrisi akan terserap dengan sempurna.

Tidak hanya itu, minum segelas air putih hangat di pagi hari juga bisa menekan nafsu makan. Anda tidak akan mudah lapar jika sudah minum air putih hangat. Tentunya ini akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan berlebih Anda.

7. Meningkatkan Mood

Ketika Anda merasa gelisah, cemas, dan stres cobalah untuk minum segelas air putih hangat. Air putih hangat ini bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks. Dengan cara ini mood akan kembali bagus dan Anda bisa aktif kembali untuk beraktivitas.

8. Meredakan Pilek dan Hidung Tersumbat

Anda yang mengalami pilek atau hidung tersumbat sangat disarankan untuk banyak minum air putih hangat. Pasalnya air putih hangat bisa melegakan hidung yang tersumbat dan sakit pada tenggorokan. Lendir yang menyumbat hidung bisa mencair setelah Anda minum air putih hangat.

Jika pilek Anda sangat parah, selain dengan minum air hangat Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk terapi uap. Uap dari air hangat ini bisa membuat lendir dalam hidung bergerak sehingga Anda lebih mudah untuk mengeluarkannya.

Selain rutin minum air hangat, untuk menjaga tubuh agar tetap fit Anda juga harus mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas. Untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, tentunya Anda harus menggunakan tempat tidur dan bantal yang nyaman dan berkualitas.

Bantal dan guling yang nyaman dan berkualitas hanya bisa Anda dapatkan di Domi Bed, yang menyediakan bantal dan guling dengan banyak pilihan bahan isian. Anda bisa cek informasi lengkap mengenai bantal dan guling Domi Bed di sini. Dengan tahu manfaat minum air hangat ini, kesehatan Anda bisa tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk menjaga kualitas tidur agar tubuh tetap sehat, ya!