Sering tidur terlalu larut karena mengalami insomnia atau sulit tidur? Cobalah untuk mendengarkan lagu pengantar tidur agar bisa cepat tidur dan rileks.

Tidak hanya bisa mengatasi insomnia, mendengarkan lagu sebelum tidur juga bisa bermanfaat untuk tubuh. Melansir dari Sleep Foundation, mendengarkan musik sebelum tidur bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.[1]

Penelitian lain yang hasilnya diterbitkan di Journal of Advanced Nursing menyebutkan, orang dewasa yang mendengarkan musik 45 menit sebelum tidur kualitas tidurnya meningkat. [2] Semakin sering Anda mendengarkan musik sebelum tidur maka kualitas tidur akan terus meningkat lebih baik.

Pada saat mendengarkan musik, hormon pengatur stres atau kortisol akan dilepaskan. Pelepasan hormon ini bisa berdampak baik untuk meningkatkan mood. Bahkan juga bisa mengurangi rasa sakit yang membuat Anda mengalami insomnia.

“Untuk mengatasi insomnia dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik Anda bisa mendengarkan musik sebagai pengantar tidur. Dengarkan musik dengan melodi yang lembut dan menenangkan 30 menit sebelum tidur.”

Genre Musik Pengantar Tidur

Tidak semua genre musik bisa Anda jadikan lagu pengantar tidur orang dewasa. Beberapa genre musik justru sangat tidak disarankan untuk didengarkan sebelum tidur. Berikut ini adalah Genre lagu pengantar tidur terbaik yang bisa Anda coba:

1. Klasik

Salah satu genre musik yang cocok sebagai pengantar tidur adalah musik klasik. Namun tidak semua musik klasik cocok untuk pengantar tidur, pasalnya ada beberapa musik klasik yang temponya sangat cepat.

Untuk pengantar tidur, pilihlah musik klasik dengan tempo 60-80 BDM. Selain itu, pilih yang didominasi dengan piano, karena musik ini bisa menjadi musik relaksasi dan membantu Anda cepat tidur.

2. Kontemporer

Anda juga bisa mendengarkan musik dengan genre kontemporer. Genre musik ini lebih cocok untuk pengantar tidur. Pasalnya, temponya lambat sehingga bisa menenangkan. Dalam musik ini, tidak ada nada yang terlalu naik maupun turun sehingga cocok sebagai pengantar tidur.

3. Jazz dan Blues

Genre musik ini masuk dalam musik santai yang cocok untuk pengantar tidur. Musik jazz dan blues bisa menciptakan suasana yang lebih rileks. Hal ini tentunya bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang sehingga Anda lebih mudah tertidur.

4. Akustik

Lagu pengantar tidur akustik lebih disarankan untuk Anda yang menderita insomnia akut. Musik akustik mempunyai tempo yang cenderung lambat dan menenangkan. Anda bisa mendengarkan musik akustik tanpa vokal untuk membantu mengatasi insomnia yang Anda derita.

Alat musik akustik yang cocok untuk pengantar tidur yaitu piano dan gitar. Dengarkan musik ini 30 menit sebelum tidur untuk mengatasi insomnia.

5. Instrumental

Musik instrumental sering dipilih orang tua sebagai lagu pengantar tidur anak. Selain untuk anak-anak, musik ini juga bisa menjadi pengantar tidur untuk orang dewasa.

Instrumental seperti piano, biola, gitar, dan alat musik lainnya bisa membantu Anda menjadi lebih rileks. Pikiran akan menjadi lebih tenang dan Anda bisa tidur lebih lelap.

6. Nature Sound

Suara aliran air, petir, hujan, kicauan burung, dan sejenisnya juga bisa Anda jadikan sebagai musik pengantar tidur. Melodi yang dihasilkan dari suara alam ini bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks. Anda juga bisa tidur lebih cepat dengan mendengarkan suara-suara alam ini.

Rekomendasi Lagu Pengantar Tidur

Ada beberapa rekomendasi lagu pengantar tidur barat maupun Indonesia yang bisa Anda masukkan ke dalam playlist. Berikut ini daftarnya:

  • Malaikat Juga Tahu – Glen Fredly
  • Unintended – Muse
  • Holocene – Bon Iver
  • Tidurlah – Payung Teduh
  • Bertaut – Nadine Amizah
  • Amin Paling Serius – Sal Priadi dan Nadine Amizah
  • You – Ten 2 Five
  • Fix You – Coldplay
  • Almost is Never Enough – Nathan Sykes ft Ariana Grande
  • The Way You Look at Me – Christian Bautista

Anda bisa menjadikan lagu-lagu ini sebagai playlist sebelum tidur. Selan lagu, ini Anda juga bisa membuat playlist musik instrumental ataupun suara-suara alam. Putarlah lagu ini 15-30 menit menjelang tidur agar tidur Anda semakin nyaman.

Sebaiknya, setel musik yang ada dalam playlist pengantar tidur saja. Pasalnya, menggunakan headphone maupun handsfree terlalu lama dengan musik yang terus menerus juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan pendengaran.

Cara agar Tidur Lebih Nyenyak

Selain mendengarkan lagu, agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak, maka gunakanlah kasur yang nyaman. Kasur yang nyaman adalah kasur yang bisa menopang tubuh dengan maksimal.

Rekomendasi kasur terbaik agar tidur Anda menjadi lebih nyaman adalah kasur Studio Mattress dari Domi Bed. Kasur ini berdesain minimalis dengan high density quantum base foam yang mampu menopang punggung dengan baik.

Selain itu, kasur ini juga dilengkapi dengan pocket spring motion isolation untuk mengurangi bunyi dan gerakan. Kasur ini sangat nyaman feel medium yang tidak terlalu keras maupun terlalu lembut.

Tidak hanya lagu pengantar tidur saja yang akan membuat tidur Anda berkualitas tapi pilihan kasur juga sangat memengaruhi. Informasi lengkap tentang Studi Mattress ini bisa Anda dapatkan di website Domi Bed. Cek sekarang juga dan dapatkan tempat tidur terbaik!