Tahukah Anda bagaimana cara mengendalikan mimpi? Atau, Anda sering mengalami mimpi yang nyata dan seolah-olah bisa mengendalikannya? Fenomena ini bukanlah fenomena aneh karena dalam dunia medis, hal ini disebut dengan lucid dream.

Lucid dream bisa terjadi pada siapa saja. Ketika mengalaminya, Anda akan merasakan mimpi begitu jelas bahkan bisa mengendalikan alur cerita mimpi tersebut. Aristoteles memberikan gambaran lucid dream sebagai kesadaran disi selama bermimpi.

Apakah lucid dream berbahaya? Ketika lucid dream datang hanya sesekali maka ini merupakan hal yang biasa. Namun jika Anda mengalami terus-menerus bisa menyebabkan delusi bahkan depresi.

Bagaimana Seseorang Bisa Mengalami Lucid Dream?

Apakah Anda ingin merasakan lucid dream atau mengontrol mimpi? Sebenarnya Anda juga bisa secara sengaja mengontrol mimpi yang Anda alami, lho. Ada beberapa cara mengontrol mimpi yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Lebih Banyak Tidur REM

Seperti yang sudah dijelaskan, lucid dream bisa Anda alami ketika dalam keadaan fase tidur REM. Untuk bisa mengalami lucid dream ini, Anda harus lebih banyak tidur dalam fase ini.

Salah satu cara untuk tidur REM adalah dengan menerapkan sleep hygiene. Cara ini mengharuskan Anda untuk melakukan kebiasaan sebelum tidur. Setelah melakukan kebiasaan sebelum tidur ini, Anda bisa memfokuskan pikiran untuk bisa memasuki fase REM.

2. Latihan Reality Tasting

Cara mengendalikan mimpi saat tidur juga bisa Anda lakukan dengan latihan reality tasting. Latihan ini merupakan latihan mental agar bisa meningkatkan metakognisi dalam otak. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan reality tasting ini, yaitu:

  • Bertanya pada diri sendiri “Apakah ini sedang bermimpi?”
  • Lalu Anda bisa periksa sekitar untuk memastikan apakah sedang mimpi atau tidak
  • Anda juga harus memperhatikan kesadaran diri sendiri dan tahu bagaimana cara terlibat dengan lingkungan sekitar.

3. Buat Jurnal Mimpi

Cara agar bisa mengendalikan mimpi adalah dengan membuat jurnal mimpi. Anda bisa menyediakan buku kecil khusus untuk menuliskan apa saja mimpi yang Anda alami.

Kegiatan menulis jurnal mimpi ini bisa Anda lakukan setelah dan sebelum tidur. Sebelum tidur tuliskan dan gambarkan secara detail mimpi apa yang ingin Anda alami. Kemudian setelah tidur ceritakan apa mimpi Anda selama tidur.

Jangan menunda untuk menulis jurnal mimpi karena biasanya Anda akan lupa setelah beranjak dari tempat tidur.

Seseorang yang rajin menulis jurnal mimpi akan lebih fokus ketika bermimpi. Cara ini bisa membuat Anda bisa mengalami lucid dream atau bisa mengendalikan mimpi Anda.

4. Gunakan Teknik Induksi

Anda juga bisa mencoba teknik induksi agar bisa mengalami lucid dream. Adapun teknik induksi mimpi ini meliputi:

  • WBTB, atau Wake Back to Bed adalah bangun sebentar setelah mengalami REM. Anda bisa bangun setiap 5 jam agar bisa sadar ketika mengalami REM dan Anda bisa mengontrol mimpi yang datang.
  • MILD, atau Mnemonic Induction of Lucid Dream merupakan teknik mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda akan mengalami lucid dream. Lakukan hal ini setelah WBTB.
  • WILD, atau Wake Initiated Lucid Dream merupakan berbaring rileks sampai Anda mengalami halusinasi sebelum tertidur.

Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas tapi tetap saja belum bisa mengalami lucid dream, jangan patah semangat. Anda bisa terus mencobanya sampai bisa mengalami lucid dream.

Dari banyaknya cara ini salah satu yang paling efektif adalah dengan membuat jurnal mimpi. Jurnal mimpi sangat membantu Anda untuk bisa mendapatkan mimpi yang indah dan juga bisa mengontrol mimpi dengan baik.

Selain melakukan berbagai cara mengendalikan mimpi ini, Anda juga perlu memfasilitasi tidur Anda dengan peralatan seperti kasur dan bantal yang berkualitas. Dengan kasur dan bantal terbaik, tidur Anda akan menjadi lebih nyaman.