Beberapa orang, mungkin termasuk Anda, masih bingung ketika diajak sleep call karena tidak tahu sleep call artinya mengarah pada aktivitas apa.

Ini memang sebuah fenomena baru yang sudah menjadi gaya hidup generasi muda.

Secara tidak langsung, sleep call memang menawarkan manfaat, tetapi di satu sisi juga berpotensi membawa dampak negatif.

Oleh karena itu, penting untuk memahami makna sleep call itu sendiri agar Anda melakukannya dengan bijak dalam batasan-batasan tertentu.

Sleep Call Artinya Apa?

Istilah sleep call merujuk pada praktik di mana seseorang melakukan panggilan telepon dengan pasangan, teman, atau keluarga sebelum tidur.

Meski sleep call artinya dalam bahasa Indonesia adalah “panggilan tidur”, namun ini bukan sekadar telepon untuk menyuruh seseorang tidur.

Tujuan utama dari sleep call adalah tetap terhubung dengan seseorang sambil menceritakan hal-hal yang terjadi seharian.

Aktivitas ini berkembang di kalangan remaja sejak pandemi Covid-19 berkat akses teknologi komunikasi yang semakin mudah.

Secara singkat, sleep call artinya dalam bahasa gaul adalah cara untuk menjalin keintiman dan merasakan kehadiran pasangan, meskipun terpisah jarak.

Manfaat Sleep Call dalam Menjalin Hubungan

Seorang perempuan bersandar di tempat tidurnya, tersenyum, sambil melakukan panggilan telepon.

Bukan sekadar telepon menanyakan kabar, tetapi aktivitas sleep call punya banyak manfaat dalam hubungan. Berikut beberapa manfaat utama sleep call:

1. Mendekatkan yang Sedang LDR

Bagi pasangan yang terpisahkan jarak, sleep call adalah solusi praktis untuk mengatasi kerinduan dan kesepian. 

Dengan mendengar suara pasangan menjelang tidur, Anda dapat merasakan kedekatan yang dapat mengurangi perasaan cemas atau insecure saat LDR.

2. Menghangatkan Hubungan

Selain menjembatani jarak, manfaat sleep call lainnya yaitu untuk memperkuat sekaligus menghangatkan hubungan yang sudah terjalin.

Sleep call menciptakan momen intim bagi pasangan dengan cara berbagi cerita, bercanda, dan saling mendengarkan sebelum tidur. 

Aktivitas ini bisa menggantikan pillow talk secara fisik, yang mana menurut sebuah penelitian dapat merangsang hormon cinta bagi pasangan.[1]

3. Memiliki Tempat untuk Curhat

Semua orang butuh teman curhat. Maka, jadilah pendengar yang baik bagi pasangan atau sebaliknya.

Menurut Dr. David Spiegel, aktivitas sederhana ini sangat bermanfaat untuk mengurangi beban pikiran supaya tidak stres.[2]

Percayalah, mendapat dukungan emosional dari pasangan tanpa judgement bisa memperkuat hubungan.

4. Mempercepat Proses Tidur

Terakhir, bagi beberapa orang, sleep call membantu memfasilitasi proses tidur menjadi lebih cepat. Jadi, cobalah berbicara dengan orang terkasih sebelum tidur agar Anda segera terlelap.

Sleep Call Juga Bisa Berbahaya, Lo!

Seorang perempuan dalam posisi tidur menyamping menghadap arah kiri sambil menggunakan ponsel yang terhubung dengan pengisi daya.

Meskipun sleep call bermanfaat, namun praktik ini juga memiliki potensi bahaya apabila Anda melakukannya secara berlebihan.

Salah satu bahaya sleep call adalah dampaknya terhadap kualitas tidur akibat interaksi yang intens dengan ponsel hingga larut malam.[3]

Akhirnya, siklus tidur-bangun Anda akan terganggu dan kemudian menyebabkan penurunan produktivitas di siang hari.

Selain itu, tertidur dengan ponsel dalam kondisi aktif di dekat Anda juga memicu terjadinya paparan radiasi dari ponsel.

Bahkan bukan cuma dampak fisik, tetapi sleep call yang terlalu sering juga sangat mungkin menimbulkan konflik dalam hubungan.

Misalnya, pasangan Anda merasa terganggu dengan rutinitas sleep call atau quality time yang menurun lantaran keduanya sudah sama-sama lelah. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa sleep call, meskipun tampak harmless, ternyata memiliki sisi negatif yang perlu Anda waspadai.

Cara Mengatasi Sleep Call Syndrome

Seorang perempuan tidur menyamping dengan selimut diangkat sampai ke wajahnya sambil menggunakan ponsel.

Jangan sampai sleep call menjadi sebuah syndrome, di mana Anda mulai kecanduan hingga memicu berbagai dampak buruk.

Supaya terhindar dari dampak negatif sleep call, berikut beberapa saran yang sebaiknya Anda terapkan:

  • Aktifkan fitur night mode untuk mengurangi paparan cahaya biru yang dapat mengganggu siklus tidur.
  • Hindari melakukan sleep call atau bermain ponsel menjelang jam tidur Anda.
  • Stop penggunaan ponsel setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur.
  • Taruh ponsel Anda jauh dari jangkauan.
  • Senyapkan notifikasi perangkat atau matikan ponsel sampai pagi.

Selain saran di atas, Anda juga dapat meningkatkan kualitas istirahat dengan produk-produk dari Domibed. Beberapa pilihan terbaik untuk Anda antara lain:

1. Plush Hybrid Mattress

Kasur Domi Plush Hybrid Mattress.

Kasur dari bahan Premium Korean Microfiber yang terkenal dengan kualitasnya. Produk ini sudah termasuk bed cover yang lembut dan halus.

2. AIR Mattress

Kasur Domi AIR Mattress.

Ini adalah kasur anti panas dengan pilihan lapisan foam only atau pocket spring & foam. Dilengkapi fitur sirkulasi udara dan dukungan punggung yang nyaman.

3. Cloud Mattress

Kasur Domi Cloud Mattress.

Selanjutnya ada pilihan spring bed modern minimalis setebal 26 cm yang membawa fitur 5 Zones Memory Foam untuk memberikan kesan tidur di awan.

4. Memory Cloud Pillow

Satu set bantal Domi Memory Cloud Pillow.

Bantal adjustable pertama di Indonesia dengan memory foam yang terinfus gel serta serat microfiber untuk memberikan kenyamanan maksimal.

5. Microfiber Pillow

Domi Microfiber Pillow warna abu-abu.

Bantal dari bahan Premium Korean Microfiber yang empuk dan tahan lama. Dilengkapi dengan sistem Gusset untuk memberikan efek lebih tebal.

6. Trifold Nest Rebonded

Kasur Domi Trifold Nest Rebonded.

Terakhir, ada kasur busa lipat tiga yang mudah dibawa ke mana saja. High Density Rebonded Foam-nya ideal untuk tidur menyamping atau telentang.

Intinya, sleep call artinya adalah melakukan panggilan telepon yang bermakna dengan orang terdekat sebelum tidur. 

Sleep call bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga keintiman hubungan, namun lakukanlah secara bijak agar kualitas tidur tidak terganggu.

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup dengan menggunakan produk-produk berkualitas dari Domibed.