Obesitas adalah suatu permasalahan yang serius bagi setiap orang. Bahkan, menurut data dari WHO, 1 dari 8 orang di dunia menderita obesitas pada tahun 2022.[1] Hal ini tentu harus dihindari karena obesitas bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Jadi, menurunkan berat badan adalah keharusan. 

Olahraga dan menjaga pola makan adalah hal yang wajib Anda lakukan. Ada banyak olahraga menurunkan badan yang bisa Anda coba, namun fokus pada kardio untuk membakar lemak. Lalu, makan apa biar diet cepat kurus? Anda perlu mengurangi karbo dan gula serta memperbanyak protein dan serat. 

Namun, jika berbicara tentang bagaimana cara agar berat badan cepat turun, maka tidur berkualitas adalah kuncinya. Hal ini karena kualitas tidur akan memengaruhi olahraga dan pola makan. Ingin tahu informasi lengkapnya? Berikut adalah penjelasannya! 

Bagaimana Pola Tidur Memengaruhi Pola Makan dan Olahraga? 

Sejak dulu, kurang tidur sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kelebihan berat badan dan obesitas. Meski Anda tidak banyak bergerak saat tidur, namun aktivitas ini bisa melindungi Anda dari penambahan berat badan. Sebab, sadar atau tidak, pengaruh tidur pada pola makan dan olahraga itu sangat besar.

Ketahui hubungan antara ketiga hal tersebut dalam penjelasan di bawah ini! 

1. Hubungan Pola Tidur dengan Pola Makan

Tahukah Anda jika metabolisme tubuh bisa lebih seimbang ketika Anda tidur dengan cukup dan berkualitas? Begitu pula dengan produksi hormon di dalam sana. Pada saat tidur, kerja hormon akan lebih stabil dan tidak akan naik maupun turun secara tiba-tiba. 

Hal ini juga berlaku pada hormon leptin dan ghrelin yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan. Ketika tidur Anda kurang atau tidak berkualitas, produksi hormon leptin dan ghrelin di dalam tubuh pun akan meningkat.[2] Peningkatan aktivitas kedua hormon ini membuat Anda mudah merasa lapar. 

Hal inilah yang membuat Anda memiliki keinginan untuk makan lebih banyak di malam hari. Padahal, cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan menghindari makan di malam hari, termasuk late night snack. Sebab, asupan kalorinya terlalu banyak dan mengakibatkan obesitas. 

Tidak hanya saat malam hari saja, pola makan Anda juga akan terganggu di siang hari. Hal ini karena otak merasa lelah tanpa tidur berkualitas. Hasilnya, cara kerja otak akan terganggu dan Anda akan sulit menahan godaan terhadap makanan manis, berlemak, dan mengandung banyak kalori. 

Jadi, jika Anda ingin tahu susah diet apa solusinya, maka jawabannya adalah tidur dengan cukup dan berkualitas. 

2. Hubungan Pola Tidur dengan Olahraga

Selain pada pola makan, pola tidur juga berpengaruh besar pada aktivitas olahraga. Hal ini karena Anda tidak akan memiliki energi apapun jika tidur tidak cukup. Hasilnya, Anda tidak akan bisa berolahraga dengan maksimal karena sudah merasa lelah dan tidak bertenaga sebelum memulainya. 

Padahal, cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan berolahraga. Sebab, dengan olahraga, kalori dan lemak yang menumpuk akan lebih mudah dibakar tubuh. 

Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas 

Pada dasarnya, tips agar tidur lebih berkualitas itu tidak sulit untuk Anda ikuti. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini! 

1. Pastikan Posisi Tidur Sudah Benar 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah posisi tidur. Usahakan untuk tidur terlentang dan tidak menggunakan terlalu banyak bantal. Sebab, tidur tengkurap bisa membuat napas Anda terganggu ketika tidur. Sedangkan terlalu banyak bantal bisa membuat leher Anda sakit. 

2. Hindari Makan Setidaknya 3 Jam Sebelum Tidur

Selanjutnya, Anda juga perlu untuk menghindari makan setidaknya 3 jam sebelum tidur. Selain agar terhindar dari obesitas dan kelebihan berat badan, hal ini juga perlu dilakukan untuk menghindari gangguan saluran pencernaan. 

Lalu, hindari juga minum terlalu banyak untuk mencegah terbangun di tengah malam akibat ingin buang air kecil.  

3. Pilih Kasur yang Nyaman

Terakhir, Anda perlu memilih kasur yang nyaman agar bisa tidur nyenyak semalaman. Pilihan terbaiknya jatuh pada Domi Studio Mattress, kasur springbed dengan desain simpel dan minimalis. Kasur ini cocok untuk Anda yang suka springbed dengan tingkat keempukan medium. 

Materialnya terbuat dari high density quantum base foam yang ampuh untuk menopang badan. Meskipun begitu, kasurnya tidak akan membuat punggung sakit karena ada efek soft and flush di sana. Kain cover-nya terbuat dari quilting empuk dan anti-tungau, sehingga nyaman untuk dipakai. 

Bagian spring-nya terbuat dari pocket spring, sehingga tidak ada bunyi yang mengganggu ketika memakainya. Jadi, Anda bisa tidur nyenyak selama 7 – 8 jam tanpa terbangun tiba-tiba di tengah malam. 

Ketika tidur sudah berkualitas, menurunkan berat badan pun tidak akan menjadi masalah besar. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera coba kasur springbed dari Domi untuk tidur yang lebih nyaman dan nyenyak semalaman! 

Selama ini, apakah Anda pernah mencuci bantal? Jika belum, Anda perlu segera melakukannya. Hal ini karena kotoran akan menumpuk di sana, bahkan jika Anda secara rutin mengganti sarungnya. Karena itu, cara mencuci bantal adalah hal yang penting untuk Anda ketahui untuk menjaga kebersihannya. 

Apabila Anda belum tahu apakah bantal bisa dicuci atau tidak, maka jawabannya jelas bisa. Bahkan, Anda perlu melakukannya setidaknya 1-2 kali setahun agar kotoran dan debu tidak menumpuk.[1] Jika dibiarkan terus seperti itu, pernapasan serta kesehatan Anda secara keseluruhan mungkin saja terganggu. 

Karena itu, berikut cara mencuci bantal dengan tangan dan dengan mesin cuci yang perlu Anda tahu! 

Tutorial Cuci dengan Tangan

Pada dasarnya, ada beberapa jenis bantal yang tidak bisa Anda masukkan ke dalam mesin. Alasannya pun beragam, mulai dari karena jenis material isinya maupun karena kain yang membalutnya. Karena itu, jangan lupa untuk membaca tag yang ada di bantal terlebih dulu sebelum Anda mencucinya. 

Jika sudah dan ternyata Anda harus membersihkannya dengan tangan, maka Anda bisa mengikuti cara mencuci bantal tanpa mesin cuci berikut ini! 

  1. Lepas sarung bantal dan cuci secara terpisah. 
  2. Siapkan wadah atau ember dan isi dengan air hangat. Jika Anda mencari cara mencuci bantal yang kuning, tambahkan campuran cuka dan baking soda ke dalam air hangat. 
  3. Tambahkan deterjen dengan bahan lembut sesuai takaran pada kemasan. 
  4. Rendam bantal selama 30 – 45 menit. 
  5. Bawa bantal dan gosok dengan menggunakan sikat berbulu lembut. 
  6. Buang sisa detergen dengan membilasnya di ember berisi air dingin 2-3 kali. 
  7. Sebagai tips, jangan terlalu kuat saat memeras bantal agar tidak mudah rusak. Terutama jika Anda sedang mencari cara mencuci bantal busa.  

Tutorial Cuci dengan Mesin

Sebenarnya, cara mencuci bantal di mesin cuci tidak akan jauh berbeda dengan menggunakan tangan. Hanya saja, Anda akan memanfaatkan bantuan mesin untuk menggosok dan membuang sisa air yang menempel di bantal. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini! 

  • Lepas sarung bantal. 
  • Baca petunjuk pencucian pada tag bantal untuk mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. 
  • Masukkan air hangat ke dalam mesin, campur dengan cuka dan baking soda jika bantal sudah menguning. 
  • Tambahkan deterjen dengan bahan lembut sesuai takaran pada kemasan. 
  • Rendam bantal selama 30 – 45 menit. 
  • Cuci dengan mode delicate
  • Buang air pada mesin dan isi kembali dengan air dingin. 
  • Kembali cuci dengan mode delicate
  • Buang kembali air dan cuci dengan mode delicate satu atau dua kali lagi hingga sisa deterjen hilang. 
  • Hindari untuk mengeringkan dengan mesin pengering agar bantal tidak lepek dan rusak, terutama untuk bantal yang berbahan busa. 

Tutorial Mengeringkannya

Berdasarkan pada penjelasan di atas, Anda pasti menyadari jika cara mengeringkan bantal tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini karena bantal rentan rusak, sehingga Anda harus menanganinya dengan sangat hati-hati.  

Setidaknya, ada tiga cara yang bisa Anda coba untuk mengeringkannya sekaligus menjaganya agar tetap firm dan tidak lepek, yaitu:

1. Menggunakan Dryer Ball Agar Bantal Tetap Mengembang

Cara yang paling efektif untuk mengeringkan bantal tanpa harus merusaknya adalah dengan memakai dryer ball. Langkah ini bisa Anda gunakan jika ingin mengeringkan bantal di mesin pengering tanpa membuatnya kempes dan rusak. 

Pada umumnya, drying ball terbuat dari karet atau wol berbentuk gumpalan yang bisa Anda masukkan ke dalam mesin pengering bersama dengan bantal. Tugasnya adalah untuk mempercepat pengeringan sekaligus mencegah penggumpalan. Anda bisa memasukkan satu atau dua dying ball sekaligus. 

2. Jika Ada Pengaturan Suhu, Pilih Suhu Hangat 

Pada beberapa mesin cuci, ada pilihan suhu hangat untuk bagian pengering. Jika mesin cuci milik Anda adalah satu di antaranya, maka jangan lupa untuk mengaktifkan mode ini saat mengeringkannya. 

3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Terakhir, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari. Khususnya jika Anda tidak memiliki mesin. Jika Anda mengeringkannya dengan cara ini, jangan lupa untuk membolak balik bantal sesekali. Hal ini agar bantal kering dengan sempurna dan bisa terhindar dari bau apek dan hal-hal buruk lainnya. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencuci dan mengeringkan bantal. Hanya saja, beberapa bantal memang relatif sulit untuk dibersihkan. Karena itu, pastikan Anda memilih bantal yang mudah untuk Anda cuci seperti bantal orenji dari Domi. 

Bantal ini terbuat dari silicon fibre yang tidak mudah kempes meskipun Anda mencucinya dengan rutin. Bagian kainnya juga terbuat dari kain cover microtex warna abu-abu yang tidak mudah menguning.

Jadi, cara mencuci bantal orenji memang mudah untuk Anda ikuti. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah di atas untuk membersihkannya. Pastinya, bantal akan bersih sekaligus tetap awet dan tahan lama. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba bantal orenji dari Domi sekarang juga! 

Pada dasarnya, merasa lelah dan mengantuk itu sangat wajar dan manusiawi. Alasannya pun beragam, mulai dari karena kurang tidur, stress, gaya hidup tidak sehat, ada perubahan hormonal, dan penyebab yang lainnya.[1] Namun, tahukah Anda jika rasa lelah dan kantuk itu bisa hilang dengan power nap? 

Jika menilik arti di dalam kamus, apa yang dimaksud dengan power nap adalah tidur siang.[2] Hal ini karena aktivitas tersebut seringkali Anda lakukan di siang hari dengan tujuan agar energi bisa segera kembali. Lalu, kira-kira apa saja manfaat power nap dan bagaimana tipsnya agar hasilnya lebih maksimal? 

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang aktivitas ini, berikut penjelasan lebih lengkapnya! 

Manfaat Power Nap

Dari penjelasan di atas, pastinya Anda sudah tahu jika manfaat power nap adalah untuk mengembalikan energi yang hilang. Namun selain itu, ada beberapa alasan lain yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Tahukah Anda jika rasa kantuk dan lelah bisa membuat kerja otak menurun? Bahkan, ketika rasanya sudah tidak tertahankan, otak akan reflek melakukan shutdown. Hal ini tidak jauh berbeda dengan ponsel Anda yang tidak bisa digunakan saat kehabisan baterai atau aliran listrik yang terputus saat badai. 

Itulah yang membuat Anda tidak bisa berpikir jernih ketika kurang tidur. Anda tidak akan bisa berkonsentrasi, percakapan menjadi tidak seimbang dan tidak terarah, dan emosi menjadi tidak stabil.[3] Karena itu, tidur dan istirahat yang cukup bisa menjaga otak Anda agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. 

Jika tidur malam Anda terganggu, power nap adalah solusi yang bisa Anda coba di siang atau sore hari, saat energi hampir habis. Apabila Anda belum tahu power nap berapa lama, Anda bisa tidur 10 hingga 30 menit. Meskipun sebentar, namun aktivitas ini akan membantu otak merasa lebih fresh

2. Meningkatkan Stamina 

Bukan hanya fungsi otak saja yang bisa meningkat, namun juga stamina. Hal ini karena tidur siang bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan boosting energi dengan cepat. Alasannya adalah karena Anda baru sampai ke “lighter stages of sleep”. Inilah yang membuat Anda merasa energized

Kuncinya adalah durasi power nap paling optimal, yaitu kurang dari 30 menit. Lebih dari itu, Anda sudah masuk ke tahap deep sleep. Pada tahap ini, otak akan menuntut tubuh untuk menyempurnakan siklus tidur penuh, yaitu 7 – 8 jam. Hal inilah yang membuat Anda merasa lebih lelah saat tidur siang kebablasan. 

Tips Power Nap Agar Hasilnya Lebih Maksimal

Setelah tahu manfaatnya, Anda pun perlu tahu apa saja tips-tips yang bisa Anda terapkan sebelum tidur siang, seperti:

1. Cari Tempat yang Nyaman

Pertama, jangan lupa untuk mencari tempat nyaman. Hal ini agar tubuh terhindar dari rasa sakit dan pegal setelah Anda bangun tidur. Tidur di sofa atau di meja kerja, misalnya. Ketika bangun, tidak jarang bagian punggung dan leher Anda terasa sakit dan tidak nyaman. 

Karena itu, usahakan untuk selalu tidur di kasur yang empuk dan nyaman. Namun, jika Anda punya pekerjaan 9-5 dan harus tidur di kantor, Anda bisa membawa bantal nyaman untuk menyangga leher dan punggung. 

2. Set Alarm Agar Tidak Kebablasan Tidur 

Selain mencari tempat yang nyaman, jangan lupa untuk menyetel alarm agar Anda tidak kebablasan ketika tertidur. Hal ini mengingat tidur siang tidak bisa Anda lakukan lebih dari 30 menit. Jika lebih dari itu, tubuh Anda akan merasa lebih lelah dan rasa kantuk tersebut tidak akan kunjung hilang. 

Apakah Power Nap Itu Penting?

Berdasarkan pada penjelasan di atas, pastinya Anda sudah tahu jika tidur siang sangat penting bagi tubuh. Terlebih jika Anda sedang merasa lelah dan mengantuk. Ketika sudah bangun, Anda bisa kembali fokus dan berkonsentrasi belajar, bekerja, atau melakukan aktivitas apapun. 

Membiasakan tidur siang juga punya manfaat yang signifikan untuk kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih sehat dan bertenaga dalam menjalani aktivitas. Bahkan, tidur singkat selama 5 – 10 menit juga bisa membuat Anda merasa lebih energized

Untuk membantu agar tidur lebih berkualitas meskipun waktunya sangat singkat, kamu memerlukan bantal yang nyaman. Salah satu pilihan terbaiknya adalah bantal orenji dari Domi. Hal ini karena bantal tersebut terbuat dari 100% silicon fibre yang memberikan efek lebih tebal dan berisi. 

Karena itu, bantalnya terasa lebih firm dan tidak mudah kempes. Jadi, Anda bisa menggunakannya dalam hitungan tahun, karena kualitasnya tetap terjaga meskipun sudah Anda pakai selama itu. 

Dengan bantal ini, power nap Anda bisa terasa lebih berkualitas. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan bantal orenji dari Domi setiap hari? Tujuannya agar Anda merasa lebih bertenaga dan lebih berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Kasur anak kost sering terlupakan sebagai salah satu barang terpenting. Padahal kualitas tidur dan kenyamanan kasur sangat penting kalau kamu sedang di perantauan.

Apalagi ada banyak pertimbangan saat memilih kasur untuk kost, mulai dari sisi ukuran, bahan, harga, hingga yang sering terlupakan: kenyamanan.

Di artikel ini, kamu bisa menemukan:

  • Panduan memilih kasur untuk ngekos
  • Rekomendasi kasur anak kost paling nyaman sesuai anggaran.

Baca infonya sampai akhir.

Tips Memilih Kasur untuk Kosan

Memilih kasur kosan tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan supaya kehidupanmu selama di perantauan terasa nyaman.

Tips berikut bisa membantumu memilih kasur paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

Sesuaikan Ukuran dengan Ruangan

Ukuran kasur anak kost paling kecil mulai dari 90 x 200 cm. Biasanya ini cocok untuk ruangan ukuran 3 x 3 m persegi.

Kalau ruangannya lebih besar, boleh saja. Yang tidak boleh, kamar kost kecil 3 x 3 meter persegi kamu isi dengan kasur ukuran 200 x 200 cm. Jadinya kamu tidak punya sisa space untuk rak, laptop, atau kebutuhan lainnya.

Semakin besar ruangan, semakin bebas kamu pilih ukuran kasurnya.

Pilih Bahan Kasur yang Cocok

Ada banyak bahan kasur, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Contoh: bahan springbed dan latex punya keunggulan dari sisi kenyamanan. Tapi harganya relatif lebih mahal.

Di sisi lain, bahan busa dan kapuk punya keunggulan dari sisi harga dan mobilitas, tapi untuk kenyamanan dan hygiene agak kurang.

Cari tahu bahan kasur yang akan kamu pakai dan pertimbangkan cost vs benefit yang kamu dapatkan.

Tingkat Keempukan Kasur

Setiap kasur punya tingkat keempukan yang berbeda-beda. Biasanya, standarnya mulai dari absurdly soft yang bisa membuat kamu terbenam (level 1) hingga ultra firm yang keras seperti kayu (level 10).

Pemilihan keempukan kasur menyesuaikan dengan berat badan dan preferensi setiap orang. Kamu perlu mencoba langsung kasur tersebut untuk lebih pasti.

Kalaupun tidak, kamu bisa meminta skala keempukan kasur tersebut ke produsen atau penjualnya. Kira-kira saja mau yang empuk, sedang, atau yang permukaannya tidak berubah saat kamu tiduri.

Fitur dan Harga

Selain hal di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan fitur lain dari kasur tersebut. Contohnya seperti anti air, anti bakteri, anti jamur, hingga anti alergi.

Kasur yang memiliki nilai tambah tersebut biasanya membutuhkan bujet yang relatif lebih besar. Jika anggaran tersedia, tak masalah karena tidur berkualitas adalah sebuah investasi.

Harga kasur anak kost yang nyaman mulai dari di bawah Rp1 juta-an. Memang ada kasur lipat anak kost yang murah seperti Trifold, tapi nanggung. Lebih baik langsung kasur saja.

Rekomendasi Kasur Anak Kost Paling Nyaman

Agar tidak bingung memilih kasur yang mana untuk kosan kamu, bisa pertimbangkan rekomendasi kasur single bed yang nyaman berikut. Harganya mulai dari di bawah Rp1 juta-an.

Mate Mattress

Kasur ini paling oke untuk anak muda yang aktif dan menginginkan tidur yang nyaman dan berkualitas. berbahan busa berkepadatan tinggi, tingkat keempukannya firm yang memberikan support penuh untuk tulang punggung.

Mau lebih empuk? Ambil opsi ketebalan 20 cm untuk dapat tambahan lapisan high density supersoft foam. Sudah pasti, covernya juga anti tungau, bahkan ada zipper untuk memudahkan saat mencuci.

Studio Mattress

Kasur ini cocok untuk kamu yang ingin mendesain kamar kos dengan gaya minimalis. Bahannya per berlapis busa dengan keempukan medium. Nyaman dan cocok untuk anak muda yang aktif.

Tidak perlu takut berisik seperti springbed lain karena yang ini sudah punya teknologi pocket spring motion isolation. Selain itu, kamu juga mendapatkan cover anti tungau alias kutu busuk yang mengganggu itu.

AIR Mattress

Kasur ini paling cocok untuk daerah tropis dan pantai yang panas. Pas juga untuk kamu yang menghabiskan waktu agak lama di atas kasur.

Ini karena bahan yang memakai Ventilated Blue Air Foam yang menambah sirkulasi udara sehingga tetap sejuk. Apalagi kamu juga mendapatkan adaptive cover yang berubah secara dinamis terhadap perubahan suhu.

Keempukannya bisa pilih antara medium soft berbahan spring bed + foam atau medium firm berbahan foam saja.

All New Dual Comfort Mattress

Kasur ini spesial karena memberikan kenyamanan ekstra dengan 4 lapisan bahan dan 2 tingkat keempukan yang berpadu: soft di bagian atas dan firm di bagian bawah.

Fitur lainnya serupa pada Mate Mattress yang sama-sama berbahan dasar high density Quantum base foam, termasuk zipper dan penutup anti tungau.

Plush Hybrid Mattress

Kasur istimewa ini memberikan kenyamanan sempurna dengan 6 lapisan bahan dan kombinasi keempukan medium to firm.

Bagian top menggunakan lapisan Castro yang lembut dan anti debu serta tungau, dengan isian microfiber premium dari Korea. Di bawahnya, lapisan Green Tea Latex membuat kasur terasa empuk serta awet lebih lama.

Selanjutnya, ada lapisan foam dan pocket spring untuk support dan kenyamanan ekstra. Pokoknya, tidurmu di atas kasur ini bakal senyenyak bayi.

Tidak perlu bingung lagi untuk urusan kasur anak kost. Pilih dari rekomendasi Domi sesuai anggaran yang kamu punya. Sudah terbukti memberikan tidur lelap dan memuaskan.

Work life balance merupakan dambaan setiap orang. Siapa yang tidak mau mendapat kelancaran di pekerjaan dan kebahagiaan dalam hidup bersamaan?

Di zaman modern ini, menyeimbangkan antara dunia bisnis atau kerja dengan kehidupan pribadi memang menantang. Terlebih dengan adanya internet, batas antara waktu kerja dengan waktu pribadi jadi semakin kabur.

Artikel ini akan membantu Anda memahami:

  • konsep kerja dan hidup yang seimbang,
  • manfaat dan tantangannya, serta
  • tips mencapainya.

Baca sampai selesai ya.

Apa Itu Work Life Balance

Work life balance adalah sebuah konsep yang mengupayakan hadirnya keseimbangan antara urusan bisnis atau kerja dan kebahagiaan hidup pribadi.

Contoh work life balance yaitu Anda masih bisa bersantai, melakukan hobi atau sesuatu yang Anda suka, tanpa membuat tugas atau pekerjaan Anda berantakan.

Keseimbangan hidup dan kerja ini penting agar Anda tidak mengalami kelelahan fisik maupun mental (burn out). Untuk itulah, memberikan porsi yang setimbang antara pekerjaan atau bisnis dan kehidupan pribadi atau keluarga jadi sangat krusial.

Manfaat Work Life Balance

Bekerja itu bagus. Anda bisa lebih punya tujuan hidup, kepercayaan diri, keamanan finansial, dan lingkungan yang membantu pribadi Anda bertumbuh.

Tapi, bekerja terus-menerus juga tidak bagus. Hormon stres Anda akan konsisten berada di level tinggi. Ini membuat Anda berisiko terkena depresi, kecemasan, dan berbagai masalah kesehatan.

Punya gaya hidup dan kerja yang seimbang banyak manfaatnya, di antaranya:

  1. Hidup jadi lebih semangat, kerja jadi lebih produktif
  2. Stres menurun, bahagia meningkat
  3. Keuangan aman, begitupun hubungan dengan keluarga dan teman
  4. Punya kesempatan untuk tumbuh, berkembang, dan mencapai aktualisasi diri.

Cara Mencapai Work Life Balance

Sayangnya, punya hidup yang ideal seperti itu tidak mudah. Tantangannya banyak, mulai dari pekerjaan yang tidak memungkinkan hingga masifnya internet, yang membuat batas kehidupan kerja dan pribadi jadi semakin kabur.

Agar Anda dapat mencapai keseimbangan tersebut, tips berikut bisa membantu.

1. Tegas Antara Waktu Kerja dan Pribadi

Anda tidak harus membagi waktu 50% kerja dan 50% pribadi. Tidak pula harus menulis jadwal harian Anda sedetail mungkin dan stick to the schedule yang ketat. Hal begini ujung-ujungnya malah akan membuat Anda stres sendiri.

Yang penting, buat batasan jelas antara waktu kerja dan pribadi. Ketika kerja ya kerja, ketika santai ya santai. Jangan campur adukkan keduanya.

2. Berani Bilang Tidak

Katakan tidak, dan separuh kerumitan hidup Anda akan menghilang.

Sering kali yang membuat hidup rumit adalah keengganan untuk menolak permintaan orang lain. Begitu juga dalam pekerjaan, sering ada tugas ekstra yang sebenarnya bukan tanggung jawab Anda.

Katakan tidak dan tolak. Jangan melakukan sesuatu hanya karena merasa tidak enak. Apalagi kalau itu bukan tanggung jawab atau sesuatu yang memang Anda suka.

3. Ambil Jeda Sejenak

Terima bahwa Anda tidak bisa terus-terusan dalam tingkat energi tinggi, karena stres Anda juga ikut tinggi.

Tapi, Anda bisa tetap dalam semangat yang optimal. Caranya, ambil jeda untuk istirahat sejenak secara berkala.

Teknik Pomodoro bisa Anda gunakan saat kerja. Ambil istirahat 5 menit setiap 25 menit kerja. Setelah 5 kali siklus, ambil istirahat agak panjang, sekitar 30 menit.

Anda bisa melakukan aktivitas relaksasi dan hobi saat istirahat tersebut, yang penting jangan sentuh pekerjaan. Bisa juga rebahan sebentar di atas kasur Trifold dari Domi serbaguna untuk mengembalikan kebugaran.

4. Jangan Malas Berolahraga

Melakukan aktivitas kerja maupun hobi butuh tubuh yang bugar. Ini hanya bisa Anda dapat dengan berolahraga secara rutin.

Ajak teman dan keluarga untuk berolahraga bersama, sekaligus meningkatkan kualitas hubungan yang Anda miliki. Jadi, sekali berolahraga, banyak hal yang bisa Anda dapatkan sekaligus.

Jogging untuk kebugaran, workout untuk kekuatan, atau permainan untuk mengembangkan hubungan. Tinggal pilih dan lakukan secara rutin 2-3x seminggu.

5. Nikmati Tidur yang Berkualitas

Tidur yang berkualitas juga tak kalah penting dengan olahraga dalam hal menjaga kebugaran tubuh.

Kualitas ini bukan hanya soal jumlah jam tidur, tapi juga tingkat kedalaman dan kelelapan tidur Anda. Tidur yang kurang nyenyak, sedikit-sedikit terbangun, bisa jadi menyebabkan Anda merasa lebih capek ketika bangun.

Bantal dan alas tidur yang nyaman sangat berpengaruh. Karena itu, pastikan Anda menggunakan rekomendasi kasur mattresses, bantal dan guling dari Domi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

6. Rencanakan Waktu Bersama

Liburan sangat penting untuk mempertahankan kebahagiaan dan membangun hubungan berkualitas dengan pasangan dan keluarga. Karena itu, Anda perlu merencanakannya secara aktif.

Bahkan, Anda bisa mengajak mereka untuk bersama-sama merencanakan liburan impian. Tak perlu yang berbiaya mahal, jalan-jalan ke pantai atau taman hiburan terdekat bisa jadi pilihan.

Buat tujuan bercengkerama bersama untuk setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun yang berbeda tingkatan. Dengan demikian, energi dan semangat dalam keluarga juga ikut terjaga.

Work-life balance jelas penting dan menantang, tapi dengan pilihan yang cerdas dan keberanian yang tegas, pasti dapat tercapai dengan memuaskan. Karena hidup itu hanya sekali, maka jalani tanpa menyesali.

Untuk Anda yang punya masalah berkaitan dengan penurunan kualitas tidur, bisa mempertimbangkan untuk tidur tanpa bantal.

Banyak yang meyakini bahwa gaya tidur ini mengandung sejumlah manfaat kesehatan, tapi bagaimana dengan faktanya?

Artikel ini akan membahas tentang manfaat, risiko, dan tips melakukan cara tidur tanpa bantal dengan benar untuk mendapatkan benefit seoptimal mungkin.

Simak bahasannya sampai akhir.

Manfaat Tidur Tanpa Bantal

Anda boleh skeptis dengan cara ini karena sekilas seperti menyelisihi ilmu kesehatan. Akan tetapi, faktanya ada sejumlah manfaat potensial yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan gaya tidur ini.

Kaku Leher Berkurang

Pernahkah ketika bangun, Anda tidak bisa menggerakkan leher alias kaku (stiffness)?

Penyebabnya bisa banyak, mulai dari kasur yang tidak mendukung, bantal yang terlalu keras, hingga posisi tidur yang tidak sesuai dengan lekukan alami tubuh.

Penggunaan bantal yang terlalu tinggi dan terlalu lebar membuat leher harus menekuk atau terpuntir dalam waktu yang cukup lama. Karena itu, meninggalkan bantal sementara dapat memperbaiki kaku dan nyeri leher.

Mengurangi Dengkuran

Pernah mengalami komplain dari pasangan atau keluarga karena tidur mendengkur? Coba tinggalkan bantal sementara.

Bantal juga menjadi penyebab posisi kepala harus menekuk atau tertunduk. Akibatnya, aliran napas dari hidung menyempit. 

Udara yang lewat jalan sempit pun akhirnya menggetarkan mukosa atau permukaan saluran napas sehingga suara dengkuran pun ke luar.

Maka dari itu, menyisihkan bantal dari bawah kepala saat tidur telentang akan membantu jalur udara terbuka lebih lebar. Hasilnya, dengkuran akan berkurang.

Memperbaiki Masalah Wajah dan Rambut

Pernah punya masalah jerawat yang tak kunjung membaik? Atau rambut yang mudah kusut? Bisa jadi masalahnya berawal dari bantal.

Bantal bisa jadi media yang menyerap keringat dan menyimpan kotoran serta debu. Saat tidur, terutama kalau posisi Anda menyamping, seringkali wajah mengalami kontak langsung dengan bantal dalam waktu lama.

Terbayang kalau bantalnya keras dan sarungnya kotor? Keriput dan jerawat pun mudah timbul.

Lantas, bagaimana kalau posisi telentang. Efeknya jadi mengarah ke rambut yang jadi lepek dan kusut ketika bangun.

Dengan demikian, tidur tanpa bantal membantu mengatasi masalah kaku dan nyeri leher, mengurangi mendengkur, dan memperbaiki masalah wajah serta rambut.

Risiko Tidur Tanpa Bantal

Pexel

Walaupun ada manfaat kesehatannya, gaya tidur ini bukan untuk semua orang. Ada risiko juga dari efek samping tidur tanpa bantal yang terasa kalau Anda punya kebiasaan atau kondisi tertentu.

Nyeri Leher

Risiko ini muncul ketika Anda terbiasa tidur miring di mana ada jarak yang cukup jauh antara kepala dan kasur. 

Mau tidak mau, jarak ini harus Anda fasilitasi dengan dukungan dari bantal. Kalau tidak, malah justru dapat menyebabkan leher nyeri dan terkilir.

Aliran Balik Asam Lambung

Risiko ini muncul khusus untuk penderita GERD (gastroesophageal reflux disease) yang dialami oleh sekitar 20% orang dewasa.

Pada penderita penyakit ini, katup pembatas antara lambung dan kerongkongan sudah agak bocor, jadi asam lambung dapat mengalir balik tanpa halangan.

Kalau tidak pakai bantal, ada potensi kepala dan kerongkongan lebih rendah posisinya dari lambung. Akibatnya, asam lambung pun bisa “naik”.

Henti Napas Saat Tidur

Risiko ini muncul kalau Anda punya kebiasaan tidur telungkup. Walau sebenarnya posisi ini yang paling cocok dengan gaya tidur tanpa bantal, tapi ada risiko Anda mengalami henti napas (sleep apnea).

Risiko ini terjadi kalau tingkat keempukan kasur yang Anda gunakan terlalu rendah (terlalu empuk). Akibatnya, hidung dan mulut dapat “tenggelam” ke dalam kasur dan mengganggu aliran napas.

Tips Tidur Lelap Tanpa Bantal

Pexel

Rahasia cara tidur tanpa bantal yang nyenyak dan menyehatkan adalah dengan sebelumnya memahami preferensi tidur Anda.

Gaya tidur ini sangat tidak cocok untuk preferensi tidur miring. Bantal harus tetap pakai. Lebih baik lagi kalau Anda menyisipkan guling di antara kedua paha dan lutut untuk menambah kenyamanan.

Kalau preferensi tidur telentang, cocok saja. Lebih cocok lagi kalau telungkup. Syaratnya, lakukan secara bertahap dengan mengurangi ketinggian bantal agar otot leher dapat beradaptasi.

Tidur Nyaman dalam Segala Posisi

Domibed

Kalau mau tidur nyaman dan lelap dalam posisi apapun, Anda bisa menggunakan Memory Cloud Pillow dari Domibed.

Memory Cloud Pillow dari Domibed adalah bantal spesial ini berbahan memory foam, material busa khusus yang bisa menyesuaikan dan “mengingat” posisi leher dan kepala saat tidur. 

Busa khusus tersebut mendapat tambahan infus gel dan campuran serat mikron yang membuat tidur Anda sejuk sepanjang malam dan kepala tertopang secara sempurna.

Mau preferensi posisi tidur yang mana pun, bantal ini akan mampu membuat Anda merasakan tidur yang nyenyak seperti bayi.

Jadi, buat apa ambil risiko tidur tanpa bantal. Percayakan Memory Cloud Pillow untuk mengantarkan Anda ke alam relaksasi yang dalam.

×