Saat membeli kasur, Anda tidak hanya membeli perlengkapan rumah tangga untuk mengisi kamar, melainkan melakukan investasi demi kesehatan fisik dan mental. Akan tetapi, jika tak dirawat dengan baik, kasur tentu akan cepat rusak. Nah, ini tips merawat kasur yang bisa Anda lakukan agar kasur senantiasa awet.

Do’s

Cara merawat kasur agar tahan lama

Apa saja cara merawat kasur agar tahan lama? Anda bisa lakukan hal-hal berikut:

1. Pastikan Ukuran Dipan atau Bed Frame Sudah Sesuai

Meski terkesan tidak berhubungan, ukuran dipan atau bed frame memiliki peranan besar dalam menjaga umur kasur. Jika tidak sesuai, kasur akan lebih cepat merosot, dan bahkan bisa merusak komponen penopang di dalam kasur. Oleh karena itu, pastikan ukuran dipan sudah sesuai dengan ukuran kasur yang Anda pesan.

2. Lepas Plastik Spring Bed

Anda mungkin pernah melihat kasur yang terbungkus plastik. Tidak sedikit orang yang tak melepas plastik pembungkus kasur saat digunakan, dengan niat ingin menjaga kebersihan kasur. Akan tetapi, tindakan ini justru dapat membuat kasur cepat rusak, loh.

Adanya plastik pembungkus pada kasur dapat menghalangi sirkulasi udara pada kasur. Hal ini dapat membuat kasur terasa panas saat digunakan, serta meningkatkan risiko kelembapan di bagian dalamnya. Selain membuat tak nyaman digunakan, hal ini juga membuat kasur cepat rusak.

3. Vakum Kasur secara Rutin

Tumpukan debu, tungau, dan serangga pada bagian dalam kasur berpotensi membuat kasur cepat rusak. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gatal-gatal hingga gangguan pernapasan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan bagian dalam kasur menggunakan vakum khusus setidaknya tiga bulan sekali. Vakum khusus kasur biasanya memiliki daya hisap yang lebih kuat, serta memiliki fitur canggih seperti sinar UV untuk membunuh tungau dan mencegah alergi akibat kasur yang kotor.

4. Melakukan Rotasi Kasur

Melakukan rotasi kasur merupakan salah satu tips merawat kasur busa agar tetap awet. Apa maksudnya rotasi kasur?

Rotasi kasur adalah memutar posisi kasur 180 derajat guna mengembalikan area kasur yang cekung atau merosot karena beban tubuh. Dengan begini, kasur akan kembali rata, sehingga umur pemakaiannya bisa menjadi lebih panjang.

Waktu yang ideal untuk melakukan rotasi kasur adalah 6-12 bulan sekali. Namun, jika kasur Anda sangat empuk dan lebih cepat cekung, Anda bisa melakukan rotasi kasur lebih sering.

Don’t’s

Penyebab kasur busa bisa kempes

Selanjutnya, apa yang sebaiknya Anda hindari agar kasur tetap awet? Ini beberapa di antaranya:

1. Hindari Makan di Atas Kasur

Sisa-sisa makanan yang jatuh ke atas kasur berpotensi menimbulkan jamur dan bakteri pada kasur. Selain merusak komponen kasur, hal ini juga bisa berakibat pada munculnya bau tak sedap pada kasur, yang tentunya mengganggu kualitas tidur Anda.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak makan di atas kasur. Jika sangat perlu, Anda bisa menggunakan meja lipat untuk mencegah jatuhnya remahan makanan. Selain itu, upayakan mencuci sprei seminggu sekali untuk menjaga kebersihan permukaan kasur Anda.

2. Jangan Berdiri atau Loncat di Atas Kasur

Bermain loncat-loncat di atas kasur kerap menjadi hiburan yang seru bagi anak-anak. Sayangnya, hal menyenangkan ini justru merupakan penyebab kasur busa bisa kempes dan rusak.

Berdiri atau loncat di atas kasur membuat beban tubuh terpusat pada satu area di atas kasur, yang kemudian bisa membuat kasur merosot atau bergelombang. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan tidur Anda, bahkan berisiko mengubah posisi tulang Anda jika tak segera diatasi.

3. Jangan Membengkokkan Paksa atau Melipat Kasur

Pada umumnya, kasur tidak didesain untuk bisa dibengkokan atau dilipat. Jika Anda paksa, kasur justru akan rusak, bergelombang, atau bahkan patah di bagian per. Hal ini tentu sangat disayangkan, karena jenis kerusakan ini tak bisa Anda perbaiki sehingga Anda harus membeli kasur baru.

Jika Anda sangat memerlukan kasur lipat, Anda bisa menggunakan kasur trifold yang praktis untuk dibongkar-pasang sewaktu-waktu.

4. Hindari Asal-asalan Memilih Kasur

Selain melakukan perawatan kasur dengan tepat, pemilihan kasur yang berkualitas juga dapat menjadi penentu umur kasur. Pasalnya, kasur dengan material yang tak berkualitas umumnya lebih cepat rusak, sehingga membuat Anda harus menyediakan budget lebih untuk membeli kasur baru.

Bicara soal kasur berkualitas, tentu Mate Mattress dari Domi jagonya.

Mate Mattress dari Domi terbuat dari Super Soft Foam dan Quantum Base Foam yang empuk, kuat, dan tahan lama. Dengan dua tingkat ketebalan, yakni Firm dan Medium Firm, Anda bisa menentukan sendiri kasur yang ideal untuk menopang tubuh Anda.

Selain itu, Mate Mattress juga dilapisi dengan kain Melee Grey anti-tungau yang memberikan kesan premium dan estetik, cocok untuk Anda yang aktif dan menyukai dekorasi minimalis. Fitur resleting pada bed cover Mate Mattress juga memudahkan Anda untuk menjaga kebersihan bagian luar dan dalam kasur.

Dengan mengaplikasikan tips merawat kasur di atas, meningkatkan kualitas tidur bukan lagi perkara sulit. Dengan kasur Domi, kondisi fisik dan mental tetap prima, dan tingkat produktivitas Anda juga akan semakin baik. Hubungi tim Domi sekarang untuk mendapatkan kasur impian Anda!