Sudahkah Anda tidur siang hari ini? Atau, Anda bukan tipe orang yang suka tidur siang? Tahukah Anda manfaat tidur siang ternyata cukup bagus untuk kesehatan tubuh dan mental.

Melansir dari Sleep Foundation, seseorang yang tidur siang setiap harinya akan jauh lebih sehat.[1] Tidak hanya sehat secara fisik saja, tapi juga sehat secara mental. Dengan tidur siang, Anda juga bisa meningkatkan kualitas tidur malam Anda.

“Tidur siang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Tidak hanya untuk anak-anak saja, tidur siang juga bisa meningkatkan daya ingat dan kreativitas orang dewasa.”

Manfaat Tidur Siang yang Masih Jarang Diketahui

Banyak orang yang beranggapan, tidur siang hanyalah bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak sampai usia remaja. Padahal, orang dewasa juga membutuhkan tidur siang untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan mentalnya.

Setidaknya ada 8 manfaat tidur siang untuk orang dewasa yang masih sangat jarang diketahui, yaitu:

1. Mengurangi Stres

Manfaat pertama dari tidur siang adalah bisa mengurangi stres. Anda yang sedang dalam keadaan tertekan atau stres karena pekerjaan yang menumpuk cobalah untuk tidur siang selama 30 menit.

Rasakan perubahan setelah Anda bangun tidur siang. Anda pasti akan lebih rileks, bahkan sakit kepala karena banyak pekerjaan pun bisa hilang. Dengan demikian, Anda sudah siap kembali bekerja dengan semangat yang baru.

2. Meningkatkan Mood

Tidak hanya mengurangi stres saja, tidur siang juga bisa meningkatkan mood atau suasana hati. Anda yang sedang gelisah, cemas, atau marah cobalah untuk memejamkan mata sebentar lalu tidur siang setidaknya 10 menit.

Walaupun sebentar, tidur siang selama 10 menit ini bisa membuat Anda menjadi lebih nyaman. Rasa marah, gelisah, dan cemas bisa berkurang. Anda akan merasa lebih bersemangat setelah tidur siang.

3. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat tidur siang untuk kesehatan yang selanjutnya adalah bisa menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Anda yang sedang kurang enak badan, cobalah untuk tidur siang selama 30 menit secara rutin setiap hari.

Selama tidur siang tubuh akan beristirahat dan sistem imun tubuh bisa kembali. Selain itu, kadar sitokin dalam tubuh juga bisa berkurang. Sitokin merupakan senyawa yang menyebabkan peradangan dan membuat sistem kekebalan tubuh berkurang.

4. Meningkatkan Memori atau Daya Ingat

Manfaat tidur siang bagi remaja maupun orang dewasa yang masih jarang diketahui adalah bisa meningkatkan memori atau daya ingat. [2]

Tidur siang secara rutin selama 30 menit bisa membantu otak untuk menyimpan ingatan. Anak remaja sangat membutuhkan tidur siang untuk meningkatkan kognitifnya. Pasalnya dengan tidur siang otak akan menyimpan semua memori yang telah didapatkannya termasuk pelajaran di sekolah.

5. Meningkatkan Kewaspadaan

Manfaat dari tidur siang yang selanjutnya adalah bisa meningkatkan kewaspadaan. Ketika Anda sudah beraktivitas dari pagi sampai siang hari tentunya tingkat kewaspadaan akan semakin menurun. Hal ini karena tubuh sudah mulai lelah.

Cobalah untuk tidur selama 20 menit saja. Bangun dari tidur siang ini Anda akan merasa lebih segar dan siap beraktivitas kembali.

Berdasarkan jurnal Sleep Medicine, tidur siang bisa mengurangi adenosin di otak.[3] Adenosin merupakan neurotransmitter yang menyebabkan orang mudah mengantuk.  

6. Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Sakit Jantung

Penelitian dalam jurnal Personality and Individual Differences menyebutkan jika tidur siang sama efektifnya dengan mengurangi konsumsi garam dan alkohol untuk menurunkan tekanan darah.[4] Anda yang menderita tekanan darah tinggi bisa mencoba tidur siang selama 30 menit setiap harinya.

Dalam penelitian tersebut juga menunjukkan, rata-rata tekanan darah bisa turun 5 mmHg jika rutin tidur siang. Dengan tekanan darah yang normal juga mengurangi resiko sakit jantung.

7. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Manfaat tidur siang untuk anak maupun orang dewasa yang selanjutnya adalah bisa meningkatkan kreativitas. Rekomendasi tidur siang yang baik hanya sekitar 10-30 menit saja, ketika tidur dalam durasi ini Anda masih dalam fase tidur REM atau Rapid Eye Movement.

Tidur REM sangat bagus untuk meningkatkan kreativitas otak. Tidak hanya itu, produktivitas Anda juga bisa meningkat setelah tidur siang ini.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Manfaat tidur siang 30 menit yang sangat jarang diketahui adalah bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Banyak orang yang mengira tidur siang akan membuat insomnia atau sulit tidur di malam hari. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda salah memilih jam dan durasi tidur siang.

Tidur siang yang baik sebaiknya dilakukan 2 jam setelah makan siang dan sebelum jam 3 sore. Durasinya hanya sekitar 10-30 menit saja. Dengan jadwal tidur siang yang tepat, tidur malam Anda akan lebih berkualitas.

Dengan mengetahui manfaat tidur siang ini, mulai sekarang jangan pernah lewatkan waktu untuk tidur siang. Orang dewasa hanya membutuhkan waktu sekitar 10-30 menit saja setiap harinya. Gunakan juga tempat tidur yang nyaman seperti toppers dari domibed.

Toppers Domi Bed cocok untuk menemani tidur siang Anda. Tidak perlu di atas kasur, Anda bisa menggunakan toppers di lantai. Dengan demikian Anda bisa tidur siang di ruang keluarga atau ruangan lainnya bersama dengan anak dan keluarga.

Informasi lengkap mengenai toppers domibed bisa Anda dapatkan di sini.