Pernahkah Anda ingin sekali ngemil atau makan tengah malam? Entah itu karena merasa lapar atau karena otak Anda menyuruh demikian. Sebagian besar orang di seluruh dunia pernah merasakan fenomena tersebut setidaknya satu kali dalam hidup. Hanya saja, bukan berarti hal itu bagus. 

Meskipun terdengar sepele, namun perlu Anda garis bawahi jika ada bahaya yang mengintai ketika Anda terlalu sering mengonsumsi late night snack. Penasaran tentang apa efek makan tengah malam? Temukan jawaban serta tips mencegahnya pada penjelasan di bawah! 

Mengapa Nafsu Makan di Tengah Malam Meningkat? 

orang yang sedang makan burger dan pizza di tengah malam

Sebelum tahu apa efeknya, ada baiknya Anda mempelajari tentang apa yang menyebabkan keinginan untuk makan itu muncul. Biasanya, ini terjadi karena asupan kalori Anda di siang hari masih kurang. Hal ini membuat rasa lapar muncul di malam hari. 

Terkadang, Anda juga merasa lapar karena kurang tidur.[1] Namun tidak jarang, penyebab lapar tengah malam lebih serius dari itu, misalnya seperti eating disorder atau gangguan makan. Nama gangguan tersebut adalah Night Eating Syndrome atau gangguan makan malam. 

Jika Anda sering terbangun pada pukul satu atau dua pagi untuk mengonsumsi late night snack, maka ada kemungkinan Anda memiliki syndrome ini.[2]

Apa pun alasannya, efek makan tengah malam itu sama sekali tidak baik. Karena itu, Anda perlu tahu apa saja dampak buruk dari fenomena tersebut dalam penjelasan berikut! 

Efek Buruk Makan Tengah Malam

orang yang sedang makan kue di tengah malam

Secara umum, waktu makan malam yang paling tepat adalah sebelum pukul 19.50.[3] Jadi, bolehkah makan jam 2 malam? Sebaiknya ini Anda hindari karena bisa menimbulkan beberapa efek berikut ini! 

1. Berat Badan Naik dengan Cepat

Efek makan malam di atas jam 10 malam yang paling cepat terlihat adalah kenaikan berat badan. Hal ini karena makanan atau camilan di malam hari biasanya cenderung tidak terkontrol.[4] Tak jarang, Anda bahkan mengonsumsi makanan berkalori tinggi di malam hari secara berlebihan tanpa sadar. 

2. Kadar Kolesterol di dalam Tubuh Meningkat Drastis

Selain itu, mengonsumsi makanan di malam hari juga bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Menurut penelitian, kadar kolesterol akan meningkat 0,94 mg/dL ketika Anda mengonsumsi sekitar 100 kkal di malam hari.[5]

3. Menurunkan Konsentrasi & Daya Ingat

Kemudian, efek dari mengonsumsi makanan di malam hari lainnya adalah menurunkan konsentrasi dan daya ingat. Hal ini karena Anda mengorbankan waktu tidur untuk makan. Sehingga, Anda kurang tidur dan merasakan efek tersebut. 

4. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Lalu, bahaya penyakit jantung dan stroke juga mengintai Anda jika terlalu sering mengonsumsi late night snack. Hal ini karena saat malam tiba, jantung akan mulai beristirahat. Jadi, asupan makanan yang tiba-tiba bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke

5. Menambah Kemungkinan Terkena Diabetes 

Terakhir, Anda juga bisa terkena diabetes jika terlalu sering mengonsumsi makanan berat terlalu malam atau ngemil late night snack. Pasalnya, kadar melatonin di dalam tubuh akan meningkat di malam hari. Melatonin yang tinggi bisa mengganggu pengendalian gula darah di dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Cara Memperbaiki Pola Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Jadi, tidak heran jika terlalu banyak mengonsumsi makanan di malam hari bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. 

Tips Mengatasi Keinginan Makan Tengah Malam

orang yang sedang makan mie di tengah malam

Setelah Anda mengetahui apa saja efek buruknya, apakah Anda sudah siap untuk meninggalkan kebiasaan makan di atas jam 8 malam? Jika menekan nafsu makan tersebut masih terasa sulit untuk Anda, maka coba ikuti tips mencegah makan tengah malam berikut ini! 

1. Tahan Keinginan Makan Tengah Malam dengan Konsumsi Air Putih

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbanyak konsumsi air putih. Jika rasa lapar menghampiri, Anda bisa segera menekan perasaan tersebut dengan meminum air putih. Namun, jika itu masih terasa kurang, Anda dapat meminum susu atau mengonsumsi yoghurt agar rasa lapar bisa hilang. 

2. Buat Pola Makan yang Teratur untuk Menghindari Lapar di Tengah Malam

Anda juga bisa membuat pola makan yang teratur agar rasa lapar di tengah malam tidak muncul. Coba atur waktu sarapan pada pukul 06.00 – 08.00, makan siang pada pukul 12.00 – 13.00, dan makan malam pada pukul 18.00 – 20.00. Jika sudah terbiasa, keinginan ngemil late night snack tidak akan ada. 

3. Pastikan Tubuh Rileks sebelum Tidur

Terakhir, pastikan tubuh Anda terasa rileks sebelum tidur. Dengan begitu, Anda bisa tidur lebih cepat dan menghindari rasa lapar ketika malam tiba. Tipsnya adalah tidur di atas kasur yang berkualitas baik seperti Domibed

Semua kasur dari Domi terbuat dari bahan berkualitas. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan garansi pegas 15 tahun dan garansi busa 10 tahun sehingga kasur pasti awet dan tahan lama. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menghentikan kebiasaan makan tengah malam? Jangan lupa untuk mengamalkan tips-tips di atas mulai dari hari ini, ya!