Obesitas adalah suatu permasalahan yang serius bagi setiap orang. Bahkan, menurut data dari WHO, 1 dari 8 orang di dunia menderita obesitas pada tahun 2022.[1] Hal ini tentu harus dihindari karena obesitas bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Jadi, menurunkan berat badan adalah keharusan. 

Olahraga dan menjaga pola makan adalah hal yang wajib Anda lakukan. Ada banyak olahraga menurunkan badan yang bisa Anda coba, namun fokus pada kardio untuk membakar lemak. Lalu, makan apa biar diet cepat kurus? Anda perlu mengurangi karbo dan gula serta memperbanyak protein dan serat. 

Namun, jika berbicara tentang bagaimana cara agar berat badan cepat turun, maka tidur berkualitas adalah kuncinya. Hal ini karena kualitas tidur akan memengaruhi olahraga dan pola makan. Ingin tahu informasi lengkapnya? Berikut adalah penjelasannya! 

Bagaimana Pola Tidur Memengaruhi Pola Makan dan Olahraga? 

Sejak dulu, kurang tidur sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kelebihan berat badan dan obesitas. Meski Anda tidak banyak bergerak saat tidur, namun aktivitas ini bisa melindungi Anda dari penambahan berat badan. Sebab, sadar atau tidak, pengaruh tidur pada pola makan dan olahraga itu sangat besar.

Ketahui hubungan antara ketiga hal tersebut dalam penjelasan di bawah ini! 

1. Hubungan Pola Tidur dengan Pola Makan

Tahukah Anda jika metabolisme tubuh bisa lebih seimbang ketika Anda tidur dengan cukup dan berkualitas? Begitu pula dengan produksi hormon di dalam sana. Pada saat tidur, kerja hormon akan lebih stabil dan tidak akan naik maupun turun secara tiba-tiba. 

Hal ini juga berlaku pada hormon leptin dan ghrelin yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan. Ketika tidur Anda kurang atau tidak berkualitas, produksi hormon leptin dan ghrelin di dalam tubuh pun akan meningkat.[2] Peningkatan aktivitas kedua hormon ini membuat Anda mudah merasa lapar. 

Hal inilah yang membuat Anda memiliki keinginan untuk makan lebih banyak di malam hari. Padahal, cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan menghindari makan di malam hari, termasuk late night snack. Sebab, asupan kalorinya terlalu banyak dan mengakibatkan obesitas. 

Tidak hanya saat malam hari saja, pola makan Anda juga akan terganggu di siang hari. Hal ini karena otak merasa lelah tanpa tidur berkualitas. Hasilnya, cara kerja otak akan terganggu dan Anda akan sulit menahan godaan terhadap makanan manis, berlemak, dan mengandung banyak kalori. 

Jadi, jika Anda ingin tahu susah diet apa solusinya, maka jawabannya adalah tidur dengan cukup dan berkualitas. 

2. Hubungan Pola Tidur dengan Olahraga

Selain pada pola makan, pola tidur juga berpengaruh besar pada aktivitas olahraga. Hal ini karena Anda tidak akan memiliki energi apapun jika tidur tidak cukup. Hasilnya, Anda tidak akan bisa berolahraga dengan maksimal karena sudah merasa lelah dan tidak bertenaga sebelum memulainya. 

Padahal, cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan berolahraga. Sebab, dengan olahraga, kalori dan lemak yang menumpuk akan lebih mudah dibakar tubuh. 

Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas 

Pada dasarnya, tips agar tidur lebih berkualitas itu tidak sulit untuk Anda ikuti. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini! 

1. Pastikan Posisi Tidur Sudah Benar 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah posisi tidur. Usahakan untuk tidur terlentang dan tidak menggunakan terlalu banyak bantal. Sebab, tidur tengkurap bisa membuat napas Anda terganggu ketika tidur. Sedangkan terlalu banyak bantal bisa membuat leher Anda sakit. 

2. Hindari Makan Setidaknya 3 Jam Sebelum Tidur

Selanjutnya, Anda juga perlu untuk menghindari makan setidaknya 3 jam sebelum tidur. Selain agar terhindar dari obesitas dan kelebihan berat badan, hal ini juga perlu dilakukan untuk menghindari gangguan saluran pencernaan. 

Lalu, hindari juga minum terlalu banyak untuk mencegah terbangun di tengah malam akibat ingin buang air kecil.  

3. Pilih Kasur yang Nyaman

Terakhir, Anda perlu memilih kasur yang nyaman agar bisa tidur nyenyak semalaman. Pilihan terbaiknya jatuh pada Domi Studio Mattress, kasur springbed dengan desain simpel dan minimalis. Kasur ini cocok untuk Anda yang suka springbed dengan tingkat keempukan medium. 

Materialnya terbuat dari high density quantum base foam yang ampuh untuk menopang badan. Meskipun begitu, kasurnya tidak akan membuat punggung sakit karena ada efek soft and flush di sana. Kain cover-nya terbuat dari quilting empuk dan anti-tungau, sehingga nyaman untuk dipakai. 

Bagian spring-nya terbuat dari pocket spring, sehingga tidak ada bunyi yang mengganggu ketika memakainya. Jadi, Anda bisa tidur nyenyak selama 7 – 8 jam tanpa terbangun tiba-tiba di tengah malam. 

Ketika tidur sudah berkualitas, menurunkan berat badan pun tidak akan menjadi masalah besar. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera coba kasur springbed dari Domi untuk tidur yang lebih nyaman dan nyenyak semalaman!