Tahukah Anda bahwa ada manfaat tidur lampu mati untuk kesejahteraan diri sangatlah besar? Ada banyak proses penting pada tubuh terjadi ketika kita tidur dengan nyenyak. 

Dari regenerasi sel dan pengaturan sistem kekebalan tubuh hingga produksi hormon vital, semua terjadi ketika manusia tidur nyenyak. Ini hanya sekelumit dari banyak kebaikan yang bisa Anda rasakan dari tidur tanpa lampu. Mari kita temukan lebih banyak di artikel ini.

Tidur Sehat Tanpa Lampu, Bagaimana Bisa?

Mematikan lampu saat tidur adalah cara paling sederhana untuk menciptakan kualitas tidur yang lebih baik. Berikut adalah beberapa manfaat tidur lampu mati yang mungkin selama ini masih terabaikan.

1. Menekan Risiko Gangguan Tidur

Salah satu cara memastikan tidur yang berkualitas adalah dengan menciptakan lingkungan untuk tidur yang ideal. Termasuk dengan mematikan lampu, karena otak terstimulasi untuk istirahat. 

Kondisi ini ideal untuk mengurangi berbagai risiko sleep disorder, seperti sleep apnea dan insomnia. Efek tidur dengan lampu mati, pada dasarnya, membuat tubuh lebih rileks.

2. Melatonin Booster

Tubuh memiliki “hormon tidur” bernama melatonin. Keberadaan hormon ini krusial untuk mengatur siklus tidur dan bangun. 

Hal menarik lainnya adalah melatonin ini diproduksi dengan sangat lancar ketika dalam lingkungan yang gelap. Ketika jumlah melatonin banyak, tubuh akan tidur dengan lebih nyenyak juga.

3. Meningkatkan Kualitas REM

REM (Rapid Eye Movement) adalah fase tidur yang paling penting karena proses recovery tubuh sedang terjadi. Tidak hanya itu, otak memproses informasi dan pengalaman harian dalam fase ini juga. 

Makanya, tidur dalam kegelapan adalah usaha yang baik untuk menjaga REM yang lebih dalam sehingga kesejahteraan emosional kita tetap dalam kondisi baik—termasuk fungsi kognitif.

4. Menyediakan Ruang Regenerasi

Tidur lebih nyenyak adalah hal yang langsung kita rasakan ketika lampu gelap. Namun, ada hal lebih besar lain yang terjadi di baliknya yaitu regenerasi sel dan imunitas. Regenerasi ini berperan banyak dalam memperbaiki jaringan untuk kesehatan kita, mulai dari kulit dan otot hingga organ dalam. 

Selain itu, fungsi imunitas juga lebih baik sehingga tubuh memiliki kemampuan lebih baik dalam melawan infeksi maupun menyembuhkan berbagai luka lebih cepat.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Sistemik

Salah satu keuntungan tidur dalam kegelapan untuk jangka panjang adalah menurunkan risiko penyakit sistemik dan kronis lainnya. Beberapa penyakit tersebut meliputi masalah jantung, diabetes, dan obesitas.

Tidur dengan Lampu Menyala, Apa Efeknya?

Sebagian orang mungkin merasa nyaman dengan lingkungan yang agak terang untuk tidur. Namun, ada beberapa dampak yang muncul dan perlu dipertimbangkan apabila dilakukan dalam jangka panjang, seperti:

  • Produksi melatonin yang agak terganggu, sehingga Anda akan sulit mengantuk maupun tidur nyenyak.
  • Dampak lampu menyala saat tidur adalah membuat seseorang lebih sering terbangun sehingga kekurangan fase tidur restoratif. Sementara itu, fase ini esensial untuk mempertahankan fungsi kognitif dan membuat tubuh kembali segar saat bangun.
  • Paparan cahaya di malam hari berpotensi memicu resistensi insulin[1], sehingga meningkatkan risiko diabetes tipe-2, tekanan darah tinggi, dan obesitas.
  • Ketika cahaya di malam hari mengganggu kualitas tidur, masalah mental health juga bisa muncul seperti, kecemasan dan depresi atau gangguan bipolar[2]. Sementara itu, kondisi ini perlu mendapat perhatian khusus, yang dapat diawali dengan mengubah kebiasaan tidur.
  • Beberapa penelitian menemukan bahwa menggunakan lampu nyala ketika tidur memicu denyut jantung yang lebih cepat dan menurunkan variabilitas detak jantung[3]. Hal ini berpotensi meningkatkan risiko hipertensi sakit jantung di kemudian hari.

Strategi Tidur Nyenyak Berkualitas

Lingkungan tidur yang nyaman dan mendukung istirahat adalah faktor krusial dalam menentukan tidur yang berkualitas. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan pencahayaan di lingkungan tidur untuk tidur dengan baik. 

Penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur tanpa cahaya jauh lebih baik daripada mereka yang terbiasa dengan lampu menyala—terutama blue light dari gadget dan lampu neon. Kedua lampu ini berpotensi mengurangi produksi melatonin yang pada akhirnya mengganggu ritme sirkadian[1]

Oleh karena itu, kondisi gelap total atau dengan cahaya redup adalah kondisi ideal untuk tidur. Lampu malam dengan cahaya kuning atau merah dengan intensitas rendah adalah pilihan yang lebih baik daripada cahaya putih maupun biru. Selain itu, gunakan blackout untuk mengurangi cahaya dari luar yang masuk.

Selain menyesuaikan cahaya, gunakan kasur yang tepat untuk kualitas tidur yang lebih baik. Domi Mate Mattress adalah solusi yang Anda butuhkan karena kasur ini menawarkan dukungan optimal dan kenyamanan untuk Anda tidur. 

Tersedia dalam dua pilihan, Firm dan Medium Firm yang mengakomodasi ragam kebiasaan tidur. Lebih dari apapun, mengadopsi kebiasaan tidur yang sehat dan investasi dalam kasur yang tepat adalah kunci merasa segar setiap pagi. 

Mari mulai perubahan kecil dan rasakan manfaat tidur lampu mati yang nyata bagi tubuh dan pikiran Anda!