Takut Bantal Kempes & Rusak? Kenali Cara Mencucinya dengan Tepat!

Selama ini, apakah Anda pernah mencuci bantal? Jika belum, Anda perlu segera melakukannya. Hal ini karena kotoran akan menumpuk di sana, bahkan jika Anda secara rutin mengganti sarungnya. Karena itu, cara mencuci bantal adalah hal yang penting untuk Anda ketahui untuk menjaga kebersihannya.  Apabila Anda belum tahu apakah bantal bisa dicuci atau tidak, maka jawabannya […]

Selama ini, apakah Anda pernah mencuci bantal? Jika belum, Anda perlu segera melakukannya. Hal ini karena kotoran akan menumpuk di sana, bahkan jika Anda secara rutin mengganti sarungnya. Karena itu, cara mencuci bantal adalah hal yang penting untuk Anda ketahui untuk menjaga kebersihannya. 

Apabila Anda belum tahu apakah bantal bisa dicuci atau tidak, maka jawabannya jelas bisa. Bahkan, Anda perlu melakukannya setidaknya 1-2 kali setahun agar kotoran dan debu tidak menumpuk.[1] Jika dibiarkan terus seperti itu, pernapasan serta kesehatan Anda secara keseluruhan mungkin saja terganggu. 

Karena itu, berikut cara mencuci bantal dengan tangan dan dengan mesin cuci yang perlu Anda tahu! 

Tutorial Cuci dengan Tangan

Pada dasarnya, ada beberapa jenis bantal yang tidak bisa Anda masukkan ke dalam mesin. Alasannya pun beragam, mulai dari karena jenis material isinya maupun karena kain yang membalutnya. Karena itu, jangan lupa untuk membaca tag yang ada di bantal terlebih dulu sebelum Anda mencucinya. 

Jika sudah dan ternyata Anda harus membersihkannya dengan tangan, maka Anda bisa mengikuti cara mencuci bantal tanpa mesin cuci berikut ini! 

  1. Lepas sarung bantal dan cuci secara terpisah. 
  2. Siapkan wadah atau ember dan isi dengan air hangat. Jika Anda mencari cara mencuci bantal yang kuning, tambahkan campuran cuka dan baking soda ke dalam air hangat. 
  3. Tambahkan deterjen dengan bahan lembut sesuai takaran pada kemasan. 
  4. Rendam bantal selama 30 – 45 menit. 
  5. Bawa bantal dan gosok dengan menggunakan sikat berbulu lembut. 
  6. Buang sisa detergen dengan membilasnya di ember berisi air dingin 2-3 kali. 
  7. Sebagai tips, jangan terlalu kuat saat memeras bantal agar tidak mudah rusak. Terutama jika Anda sedang mencari cara mencuci bantal busa.  

Tutorial Cuci dengan Mesin

Sebenarnya, cara mencuci bantal di mesin cuci tidak akan jauh berbeda dengan menggunakan tangan. Hanya saja, Anda akan memanfaatkan bantuan mesin untuk menggosok dan membuang sisa air yang menempel di bantal. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini! 

  • Lepas sarung bantal. 
  • Baca petunjuk pencucian pada tag bantal untuk mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. 
  • Masukkan air hangat ke dalam mesin, campur dengan cuka dan baking soda jika bantal sudah menguning. 
  • Tambahkan deterjen dengan bahan lembut sesuai takaran pada kemasan. 
  • Rendam bantal selama 30 – 45 menit. 
  • Cuci dengan mode delicate
  • Buang air pada mesin dan isi kembali dengan air dingin. 
  • Kembali cuci dengan mode delicate
  • Buang kembali air dan cuci dengan mode delicate satu atau dua kali lagi hingga sisa deterjen hilang. 
  • Hindari untuk mengeringkan dengan mesin pengering agar bantal tidak lepek dan rusak, terutama untuk bantal yang berbahan busa. 

Tutorial Mengeringkannya

Berdasarkan pada penjelasan di atas, Anda pasti menyadari jika cara mengeringkan bantal tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini karena bantal rentan rusak, sehingga Anda harus menanganinya dengan sangat hati-hati.  

Setidaknya, ada tiga cara yang bisa Anda coba untuk mengeringkannya sekaligus menjaganya agar tetap firm dan tidak lepek, yaitu:

1. Menggunakan Dryer Ball Agar Bantal Tetap Mengembang

Cara yang paling efektif untuk mengeringkan bantal tanpa harus merusaknya adalah dengan memakai dryer ball. Langkah ini bisa Anda gunakan jika ingin mengeringkan bantal di mesin pengering tanpa membuatnya kempes dan rusak. 

Pada umumnya, drying ball terbuat dari karet atau wol berbentuk gumpalan yang bisa Anda masukkan ke dalam mesin pengering bersama dengan bantal. Tugasnya adalah untuk mempercepat pengeringan sekaligus mencegah penggumpalan. Anda bisa memasukkan satu atau dua dying ball sekaligus. 

2. Jika Ada Pengaturan Suhu, Pilih Suhu Hangat 

Pada beberapa mesin cuci, ada pilihan suhu hangat untuk bagian pengering. Jika mesin cuci milik Anda adalah satu di antaranya, maka jangan lupa untuk mengaktifkan mode ini saat mengeringkannya. 

3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Terakhir, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari. Khususnya jika Anda tidak memiliki mesin. Jika Anda mengeringkannya dengan cara ini, jangan lupa untuk membolak balik bantal sesekali. Hal ini agar bantal kering dengan sempurna dan bisa terhindar dari bau apek dan hal-hal buruk lainnya. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencuci dan mengeringkan bantal. Hanya saja, beberapa bantal memang relatif sulit untuk dibersihkan. Karena itu, pastikan Anda memilih bantal yang mudah untuk Anda cuci seperti bantal orenji dari Domi. 

Bantal ini terbuat dari silicon fibre yang tidak mudah kempes meskipun Anda mencucinya dengan rutin. Bagian kainnya juga terbuat dari kain cover microtex warna abu-abu yang tidak mudah menguning.

Jadi, cara mencuci bantal orenji memang mudah untuk Anda ikuti. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah di atas untuk membersihkannya. Pastinya, bantal akan bersih sekaligus tetap awet dan tahan lama. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba bantal orenji dari Domi sekarang juga! 

×