Kasur anak kost sering terlupakan sebagai salah satu barang terpenting. Padahal kualitas tidur dan kenyamanan kasur sangat penting kalau kamu sedang di perantauan.

Apalagi ada banyak pertimbangan saat memilih kasur untuk kost, mulai dari sisi ukuran, bahan, harga, hingga yang sering terlupakan: kenyamanan.

Di artikel ini, kamu bisa menemukan:

  • Panduan memilih kasur untuk ngekos
  • Rekomendasi kasur anak kost paling nyaman sesuai anggaran.

Baca infonya sampai akhir.

Tips Memilih Kasur untuk Kosan

Memilih kasur kosan tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan supaya kehidupanmu selama di perantauan terasa nyaman.

Tips berikut bisa membantumu memilih kasur paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

Sesuaikan Ukuran dengan Ruangan

Ukuran kasur anak kost paling kecil mulai dari 90 x 200 cm. Biasanya ini cocok untuk ruangan ukuran 3 x 3 m persegi.

Kalau ruangannya lebih besar, boleh saja. Yang tidak boleh, kamar kost kecil 3 x 3 meter persegi kamu isi dengan kasur ukuran 200 x 200 cm. Jadinya kamu tidak punya sisa space untuk rak, laptop, atau kebutuhan lainnya.

Semakin besar ruangan, semakin bebas kamu pilih ukuran kasurnya.

Pilih Bahan Kasur yang Cocok

Ada banyak bahan kasur, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Contoh: bahan springbed dan latex punya keunggulan dari sisi kenyamanan. Tapi harganya relatif lebih mahal.

Di sisi lain, bahan busa dan kapuk punya keunggulan dari sisi harga dan mobilitas, tapi untuk kenyamanan dan hygiene agak kurang.

Cari tahu bahan kasur yang akan kamu pakai dan pertimbangkan cost vs benefit yang kamu dapatkan.

Tingkat Keempukan Kasur

Setiap kasur punya tingkat keempukan yang berbeda-beda. Biasanya, standarnya mulai dari absurdly soft yang bisa membuat kamu terbenam (level 1) hingga ultra firm yang keras seperti kayu (level 10).

Pemilihan keempukan kasur menyesuaikan dengan berat badan dan preferensi setiap orang. Kamu perlu mencoba langsung kasur tersebut untuk lebih pasti.

Kalaupun tidak, kamu bisa meminta skala keempukan kasur tersebut ke produsen atau penjualnya. Kira-kira saja mau yang empuk, sedang, atau yang permukaannya tidak berubah saat kamu tiduri.

Fitur dan Harga

Selain hal di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan fitur lain dari kasur tersebut. Contohnya seperti anti air, anti bakteri, anti jamur, hingga anti alergi.

Kasur yang memiliki nilai tambah tersebut biasanya membutuhkan bujet yang relatif lebih besar. Jika anggaran tersedia, tak masalah karena tidur berkualitas adalah sebuah investasi.

Harga kasur anak kost yang nyaman mulai dari di bawah Rp1 juta-an. Memang ada kasur lipat anak kost yang murah seperti Trifold, tapi nanggung. Lebih baik langsung kasur saja.

Rekomendasi Kasur Anak Kost Paling Nyaman

Agar tidak bingung memilih kasur yang mana untuk kosan kamu, bisa pertimbangkan rekomendasi kasur single bed yang nyaman berikut. Harganya mulai dari di bawah Rp1 juta-an.

Mate Mattress

Kasur ini paling oke untuk anak muda yang aktif dan menginginkan tidur yang nyaman dan berkualitas. berbahan busa berkepadatan tinggi, tingkat keempukannya firm yang memberikan support penuh untuk tulang punggung.

Mau lebih empuk? Ambil opsi ketebalan 20 cm untuk dapat tambahan lapisan high density supersoft foam. Sudah pasti, covernya juga anti tungau, bahkan ada zipper untuk memudahkan saat mencuci.

Studio Mattress

Kasur ini cocok untuk kamu yang ingin mendesain kamar kos dengan gaya minimalis. Bahannya per berlapis busa dengan keempukan medium. Nyaman dan cocok untuk anak muda yang aktif.

Tidak perlu takut berisik seperti springbed lain karena yang ini sudah punya teknologi pocket spring motion isolation. Selain itu, kamu juga mendapatkan cover anti tungau alias kutu busuk yang mengganggu itu.

AIR Mattress

Kasur ini paling cocok untuk daerah tropis dan pantai yang panas. Pas juga untuk kamu yang menghabiskan waktu agak lama di atas kasur.

Ini karena bahan yang memakai Ventilated Blue Air Foam yang menambah sirkulasi udara sehingga tetap sejuk. Apalagi kamu juga mendapatkan adaptive cover yang berubah secara dinamis terhadap perubahan suhu.

Keempukannya bisa pilih antara medium soft berbahan spring bed + foam atau medium firm berbahan foam saja.

All New Dual Comfort Mattress

Kasur ini spesial karena memberikan kenyamanan ekstra dengan 4 lapisan bahan dan 2 tingkat keempukan yang berpadu: soft di bagian atas dan firm di bagian bawah.

Fitur lainnya serupa pada Mate Mattress yang sama-sama berbahan dasar high density Quantum base foam, termasuk zipper dan penutup anti tungau.

Plush Hybrid Mattress

Kasur istimewa ini memberikan kenyamanan sempurna dengan 6 lapisan bahan dan kombinasi keempukan medium to firm.

Bagian top menggunakan lapisan Castro yang lembut dan anti debu serta tungau, dengan isian microfiber premium dari Korea. Di bawahnya, lapisan Green Tea Latex membuat kasur terasa empuk serta awet lebih lama.

Selanjutnya, ada lapisan foam dan pocket spring untuk support dan kenyamanan ekstra. Pokoknya, tidurmu di atas kasur ini bakal senyenyak bayi.

Tidak perlu bingung lagi untuk urusan kasur anak kost. Pilih dari rekomendasi Domi sesuai anggaran yang kamu punya. Sudah terbukti memberikan tidur lelap dan memuaskan.