“Kasur ortopedi adalah kasur yang bisa menjaga kesehatan tulang, khususnya tulang belakang. Dengan kasur ini, nyeri punggung yang Anda derita bisa membaik secara berangsur-angsur.”

Ortopedi adalah bidang dalam medis yang berfokus pada cedera dan penyakit pada sistem muskuloskeletal tubuh Anda. Sistem kompleks ini, yang mencakup tulang, persendian, ligamen, tendon, otot, dan saraf, yang memungkinkan Anda untuk bergerak, bekerja, dan aktif. [1] Di dalamnya tercakup otot, tulang, tendon, ligamen, sendi, dan saraf sistem gerak.

Jika seseorang mengalami masalah pada tulang maupun sistem saraf gerak, maka sebaiknya datang ke spesialis ortopedi. Spesialis ortopedi sendiri terdiri dari banyak bidang, ada yang khusus menangani sistem gerak tangan, tulang belakang, dan lain sebagainya.

Dokter spesialis ortopedi menangani berbagai penyakit termasuk nyeri punggung, terkilir, tegang pada otot, patah tulang, kanker tulang, dan lainnya yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

Untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi salah satunya adalah dengan berolahraga. Namun ada satu hal lain yang sering terlupakan yaitu menggunakan kasur yang nyaman. Kasur yang nyaman dan bisa membantu menjaga kesehatan tulang sering disebut dengan kasur ortopedi atau kasur orthopedic.

Key Takeaway:

  • Apa itu kasur ortopedi dan apa cirinya?
  • Rekomendasi kasur ortopedi yang bagus untuk kesehatan

Pengertian Kasur Ortopedi dan Ciri-cirinya

Terapi ortopedi sering kali dilakukan untuk orang yang mengalami masalah tulang setelah terjatuh ataupun kecelakaan. Selain itu, Anda yang sering mengalami sakit punggung juga perlu memeriksakan diri ke ortopedi dan melakukan terapi. Terapi ini dilakukan untuk memperbaiki sistem tulang yang ada dalam tubuh.

Salah satu terapi untuk memperbaiki sistem tulang, khususnya untuk tulang belakang, bisa dilakukan dengan menggunakan kasur ortopedi. Kasur ortopedi adalah kasur yang didesain khusus untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Tidak hanya menjaga, tapi juga memperbaiki tulang belakang yang mengalami masalah.

Kasur ortopedi ini juga melewati berbagai pengujian sehingga bisa menciptakan kasur yang bisa mendukung tulang belakang ketika dalam posisi tidur telentang. Selain itu, ada banyak fitur lainnya yang membuat kasur ini lebih berkualitas daripada kasur pada umumnya.Berikut ini adalah fitur dan ciri-ciri kasur ortopedi yang benar dan berkualitas baik.

1. Tingkat Keempukannya Firm

Firm merupakan tingkat keempukan yang keras tapi tidak kaku dan menimbulkan rasa sakit. Tingkat keempukan inilah yang merupakan ciri utama dari kasur ortopedi.

Anda akan merasakan berbeda yang sangat signifikan ketika tidur di matras biasa dan tidur di atas matras ortopedi. Bagian tulang belakang Anda akan tertopang dengan sempurna. Walaupun keras tapi tetap lembut dan nyaman untuk tidur telentang.

2. Busanya Padat dan Adaptif

Busa pada kasur ortopedi bukanlah busa yang lembut melainkan busa yang padat atau disebut dengan high pressure foam atau high density dura foam. Jenis busa ini bisa menopang tubuh dengan sempurna dan bisa membantu tubuh tetap lurus ketika tidur.

Tidak hanya padat saja, busanya juga harus adaptif. Adaptif yang dimaksud adalah bisa kembali ke bentuk semula dan bisa menopang sesuai dengan bentuk tubuh. Kasur dengan busa yang adaptif membuat Anda betah untuk tidur berlama-lama.

3. Dilapisi Latex agar Lebih Nyaman

Latex ditambahkan pada lapisan atas kasur ortopedi agar lebih nyaman. Namun ini hanyalah fitur tambahan saja. Ada juga beberapa kasur yang tidak menyediakan lapisan latex di atasnya.

Biasanya kasur ortopedi premium yang memberikan lapisan latex ini. Dengan adanya lapisan latex ini sirkulasi udara pada kasur akan tetap sejuk sehingga membuat Anda tetap nyaman. Selain itu, lapisan latex juga antitungau dan bisa membuat kasur menjadi lebih awet.

4. Mempunyai Sistem Pegas Khusus

Pegas yang ada pada kasur ortopedi juga khusus. Berbeda dengan kasur pada umumnya yang terkadang terlalu keras. Kasur ortopedi mempunyai sistem pegas yang kokoh, sehingga membuatnya mampu menopang tubuh secara sempurna.

5. Terdapat Tambahan Fungsi Kesehatan

Kasur ortopedi yang bagus cirinya adalah mempunyai tambahan fungsi kesehatan. Biasanya kasur ini dilengkapi dengan teknologi khusus yang bisa mengatasi berbagai masalah tulang belakang, termasuk nyeri punggung dan pegal linu.

Rekomendasi Kasur Ortopedi Terbaik

Anda yang ingin  beralih ke kasur ortopedi demi menjaga kesehatan tulang belakang bisa beralih ke kasur matras Domi Bed. Kasur dari Domi Bed merupakan salah satu rekomendasi kasur ortopedi terbaik. Hampir semua produk dari Domi Bed mempunyai busa yang adaptif dan dilengkapi dengan fitur kesehatan.

Salah satu jenis kasur domi yang masuk dalam kategori kasur ortopedi adalah kasur All New Dual Comfort Mattress. Kasur ini mempunyai dua tingkat keempukan yaitu form dan soft. Dengan 2 keempukan ini kasur bisa menopang tulang dengan baik dan tetap memberikan kenyamanan selama tidur.

Kasur dari Domi Bed ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil sampai ukuran besar 180×200 cm. Selain itu, pengemasan dari kasur ini juga dalam box sehingga mudah untuk dikirim ke mana saja.

Dengan tahu kasur ortopedi adalah yang terbaik, Anda bisa langsung beli kasur dari Domi Bed yang sudah memenuhi semua ciri-ciri dan standar kasur ortopedi. Cek website Domi Bed sekarang juga untuk informasi lengkap produk ini.