Pada dasarnya, merasa lelah dan mengantuk itu sangat wajar dan manusiawi. Alasannya pun beragam, mulai dari karena kurang tidur, stress, gaya hidup tidak sehat, ada perubahan hormonal, dan penyebab yang lainnya.[1] Namun, tahukah Anda jika rasa lelah dan kantuk itu bisa hilang dengan power nap? 

Jika menilik arti di dalam kamus, apa yang dimaksud dengan power nap adalah tidur siang.[2] Hal ini karena aktivitas tersebut seringkali Anda lakukan di siang hari dengan tujuan agar energi bisa segera kembali. Lalu, kira-kira apa saja manfaat power nap dan bagaimana tipsnya agar hasilnya lebih maksimal? 

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang aktivitas ini, berikut penjelasan lebih lengkapnya! 

Manfaat Power Nap

Dari penjelasan di atas, pastinya Anda sudah tahu jika manfaat power nap adalah untuk mengembalikan energi yang hilang. Namun selain itu, ada beberapa alasan lain yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Tahukah Anda jika rasa kantuk dan lelah bisa membuat kerja otak menurun? Bahkan, ketika rasanya sudah tidak tertahankan, otak akan reflek melakukan shutdown. Hal ini tidak jauh berbeda dengan ponsel Anda yang tidak bisa digunakan saat kehabisan baterai atau aliran listrik yang terputus saat badai. 

Itulah yang membuat Anda tidak bisa berpikir jernih ketika kurang tidur. Anda tidak akan bisa berkonsentrasi, percakapan menjadi tidak seimbang dan tidak terarah, dan emosi menjadi tidak stabil.[3] Karena itu, tidur dan istirahat yang cukup bisa menjaga otak Anda agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. 

Jika tidur malam Anda terganggu, power nap adalah solusi yang bisa Anda coba di siang atau sore hari, saat energi hampir habis. Apabila Anda belum tahu power nap berapa lama, Anda bisa tidur 10 hingga 30 menit. Meskipun sebentar, namun aktivitas ini akan membantu otak merasa lebih fresh

2. Meningkatkan Stamina 

Bukan hanya fungsi otak saja yang bisa meningkat, namun juga stamina. Hal ini karena tidur siang bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan boosting energi dengan cepat. Alasannya adalah karena Anda baru sampai ke “lighter stages of sleep”. Inilah yang membuat Anda merasa energized

Kuncinya adalah durasi power nap paling optimal, yaitu kurang dari 30 menit. Lebih dari itu, Anda sudah masuk ke tahap deep sleep. Pada tahap ini, otak akan menuntut tubuh untuk menyempurnakan siklus tidur penuh, yaitu 7 – 8 jam. Hal inilah yang membuat Anda merasa lebih lelah saat tidur siang kebablasan. 

Tips Power Nap Agar Hasilnya Lebih Maksimal

Setelah tahu manfaatnya, Anda pun perlu tahu apa saja tips-tips yang bisa Anda terapkan sebelum tidur siang, seperti:

1. Cari Tempat yang Nyaman

Pertama, jangan lupa untuk mencari tempat nyaman. Hal ini agar tubuh terhindar dari rasa sakit dan pegal setelah Anda bangun tidur. Tidur di sofa atau di meja kerja, misalnya. Ketika bangun, tidak jarang bagian punggung dan leher Anda terasa sakit dan tidak nyaman. 

Karena itu, usahakan untuk selalu tidur di kasur yang empuk dan nyaman. Namun, jika Anda punya pekerjaan 9-5 dan harus tidur di kantor, Anda bisa membawa bantal nyaman untuk menyangga leher dan punggung. 

2. Set Alarm Agar Tidak Kebablasan Tidur 

Selain mencari tempat yang nyaman, jangan lupa untuk menyetel alarm agar Anda tidak kebablasan ketika tertidur. Hal ini mengingat tidur siang tidak bisa Anda lakukan lebih dari 30 menit. Jika lebih dari itu, tubuh Anda akan merasa lebih lelah dan rasa kantuk tersebut tidak akan kunjung hilang. 

Apakah Power Nap Itu Penting?

Berdasarkan pada penjelasan di atas, pastinya Anda sudah tahu jika tidur siang sangat penting bagi tubuh. Terlebih jika Anda sedang merasa lelah dan mengantuk. Ketika sudah bangun, Anda bisa kembali fokus dan berkonsentrasi belajar, bekerja, atau melakukan aktivitas apapun. 

Membiasakan tidur siang juga punya manfaat yang signifikan untuk kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih sehat dan bertenaga dalam menjalani aktivitas. Bahkan, tidur singkat selama 5 – 10 menit juga bisa membuat Anda merasa lebih energized

Untuk membantu agar tidur lebih berkualitas meskipun waktunya sangat singkat, kamu memerlukan bantal yang nyaman. Salah satu pilihan terbaiknya adalah bantal orenji dari Domi. Hal ini karena bantal tersebut terbuat dari 100% silicon fibre yang memberikan efek lebih tebal dan berisi. 

Karena itu, bantalnya terasa lebih firm dan tidak mudah kempes. Jadi, Anda bisa menggunakannya dalam hitungan tahun, karena kualitasnya tetap terjaga meskipun sudah Anda pakai selama itu. 

Dengan bantal ini, power nap Anda bisa terasa lebih berkualitas. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan bantal orenji dari Domi setiap hari? Tujuannya agar Anda merasa lebih bertenaga dan lebih berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.